Bacaan Jumat Terakhir Bulan Rajab Sesuai Ijazah Habib Salim Asy-Syatiri bisa Untuk Perempuan

Anis Hidayatie
17 Februari 2023 | 05.30 WIB Last Updated 2023-02-17T00:25:21Z
Bacaan Jumat Terakhir Bulan Rajab Sesuai Ijazah Habib Salim Asy-Syatiri bisa Untuk Perempuan 

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Hari ini adalah Jumat terakhir di bulan Rajab tahun 1444 H, 17 Februari 2023. Menandakan bahwa hari demi hari telah dilewati umat muslim. Dan, jika diberi umur panjang kita akan bertemu dengan bulan Sya'ban dan Ramadhan. 

 Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam.  Hadits riwayat ad-Dailami menyebutkan bahwa Rajab adalah bulannya Allah (syahrullâh). Nabi saat melihat hilal bulan Rajab  berdoa:

 Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. (HR Ahmad, al-Muttaqi al-Hindi dan lainnya)

Nabi juga memerintahkan salah seorang sahabatnya untuk berpuasa di bulan Rajab dan bulan mulia lain. (HR Abu Daud, Ibnu Majah dan yang lain).

 Banyak amalan, doa, dan ritual lain yang diajarkan para ulama di bulan Rajab. Di antaranya adalah amalan di Jumat terakhir bulan Rajab. Amalan di Jumat terakhir bulan Rajab merupakan salah satu dari sekian amalan yang dianjurkan para salafus ash-sholih. Materi ini juga berdasarkan ijazah dari sulthanul ulama dari Yaman, almukarram Al-Syekh al-Habib Salim bin Abdullah al-Syathiri saat berkunjung ke Indonesia. 

 Berikut ini amalannya: أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh Artinya: Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah. 

Menurut Kyai Chalwany Berjan Purworejo, tulisannya gini: 👇

احمد رسول الله  Yang pertama du


محمد رسول الله  Yang kedua dur

 Amalan ini dibaca saat khatib duduk di antara khutbah kedua sebanyak 35 kali. Di antara keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun uang di tangan kita tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil. 

 Al-Habib Ali bin Hasan Baharun menulis keterangan dari gurunya, Al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith sebagai berikut: الذِّكْرِ (x 35) فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ 

Artinya: "Faedah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu ‘Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh’. 

Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil. (Al-Habib Ali bin Hasan Baharun, Al-Fawaid al-Mukhtarah, halaman: 445)." 

 Lalu bagaimana dengan kaum perempuan yang tidak ikut sholat jumat? Para wanita bisa ikut mengamalkan ijazah tersebut di rumah atau tempat lain asal waktunya bersamaan. 

 Jadi misal ada adzan dhuhur, sebaiknya wanita segera mengambil wudhu dan mengikuti pelaksanaan sholat Jumat yang lamat terdengar dari rumah lalu membaca ijazah tersebut pada khutbah kedua saat khotib duduk di tengah-tengah khutbah. Meskipun wanita tidak ikut sholatnya di masjid Insya Allah sama maqbul dengan kaum Adam yang sholat di Masjid. Wallahu alam bis showab. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bacaan Jumat Terakhir Bulan Rajab Sesuai Ijazah Habib Salim Asy-Syatiri bisa Untuk Perempuan

Trending Now