Tahun baru, kepribadian baru

Admin JSN
03 Januari 2023 | 00.53 WIB Last Updated 2023-01-02T21:54:40Z
 
" Tahun baru, Kepribadian Baru "
Oleh: Muhammad Wafiq

Artikel I
JATIMSATUNEWS.COM: Sudah menjadi tradisi yang mengakar diseluruh dunia bahwa tahun baru identik dengan kembang api dan berkumpul bersama orang-orang terdekat untuk menyaksikan malam pergantian tahun. Bahkan sebagian orang ada yang rela mengambil jadwal cuti hanya untuk bisa merasakan moment tersebut. Walaupun biasanya moment tersebut menjadi salah satu jadwal libur tahunan yang sudah ditetapkan pemerintah. 

Sebagian orang yang lain menyikapi tahun baru bukan hanya menjadi bentuk suka cita merayakan pergantian tahun saja. Apalagi malah cuma pergantian kalender lama dengan kalender baru. Mereka lebih mementingkan esensi dari moment tersebut. Misalnya sebagai ajang merefleksikan diri untuk menuju perubahan yang lebih baik lagi. Bahkan Mereka sudah menyusun daftar-daftar hal yang perlu dilampaui pada tahun tersebut.

Kembang api sendiri diidentikan dengan sesuatu yang bersinar, hal itu diharapkan pada moment tahun yang baru, kita bisa menjadi pribadi baru yang lebih bercahaya dari tahun sebelumnya.
Sudah saatnya untuk menjadi pribadi yang baru diawal tahun ini. Pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Jadikan moment ini sebagai masa memperbaiki diri.

Ada beberapa hal yang mungkin perlu anda perbaiki dan ditata lagi mumpung masih di awal tahun sebagai refleksi dan pembelajaran dari tahun-tahun sebelumnya.

1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai.

 Menentukan tujuan adalah salah satu upaya untuk pemperbaiki dan memajukan diri. Tanpa sebuah tujuan, seseorang tak akan dapat menikmati gairah hidup. Buatlah Sebuah daftar goal yang ingin anda pertahankan ataupun ingin anda raih secara terperinci. Berikan afirmasi positif dalam diri anda untuk meraih goal tersebut. Dan bergeraklah!
Dengan bergerak berarti anda punya kemampuan untuk berubah.

2. Buanglah kebiasaan buruk ditahun yang baru, dan ganti dengan kebiasaan yang baik.

Perlahan-lahan buanglah kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Seperti suka menunda-nunda pekerjaan, bermalas-malasan dan kebiasaan-kebiasan buruk lainnya.
Mulailah melangkah untuk ciptakan perubahan, dan tak usah takut untuk mencoba hal baru.

3. Tak usah takut untuk melangkah.

Hal yang sering menjadi penghambat seseorang untuk maju adalah rasa takut untuk melangkah. Mereka lebih suka cari aman daripada harus keluar dari zona nyaman yang dapat merubah hidup mereka. Padahal perasaan takut yang mereka khawatirkan itu sejatinya muncul dari dalam diri mereka sendiri. 

Mulai saat ini, tanamkan kuat-kuat dalam diri anda untuk ciptakan kepribadian baru yang lebih baik lagi di tahun ini. Buang semua gelisah dan rasa takut yang selama ini mengungkung anda. Lebih baik melangkah walaupun salah daripada tidak berani sama sekali.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tahun baru, kepribadian baru

Trending Now