Petunjuk Melihat Hasil Seleksi PPPK dan Opsi Jika Gagal

Anis Hidayatie
15 Januari 2023 | 04.39 WIB Last Updated 2023-01-15T15:03:33Z
Petunjuk Melihat Hasil Seleksi PPPK dan Solusi Jika Gagal, gambar hanya ilustrasi 

ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Seleksi PPPK tenaga teknis 2022 telah dibuka sejak 21 Desember tahun lalu dengan batas waktu pendaftaran adalah 6 Januari 2023. 

Untuk rekrutmen PPPK tenaga teknis tahun 2022, tahapan pengumuman seleksi administrasi sudah dimulai. Sebagaimana diinfokan  BKN, hasil seleksi administrasi PPPK tenaga teknis tahun 2022 sudah tersedia di website sscasn.bkn.go.id.

Proses perekrutan administrasi PPPK tenaga teknis telah selesai, dan hasilnya diumumkan kepada publik antara 12 Januari hingga 15 Januari 2023. 

Calon tenaga teknis PPPK yang lolos tahap seleksi administrasi bisa melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi dengan mengikuti computer assisted test (CAT). Peserta yang dinilai gagal dalam proses seleksi administrasi dapat memberikan sanggahan antara tanggal 16 hingga 18 Januari 2023. 

Setiap akun pelamar pada laman https://sscasn.bkn.go.id digunakan untuk prosedur sanggahan. 

Mengutip dari Klik.Pendidikan, Berikut ini adalah petunjuk cara melihat pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK tenaga teknis 2022: 

1. Buka sscasn.bkn.go.id dan klik link pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK tenaga teknis 2022. 

2. Masuk ke akun anda dengan NIK dan password yang sama dengan yang anda gunakan untuk mendaftar. 

3. Halaman "Lanjutkan Pendaftaran" kemudian akan otomatis terbuka di website tersebut. 

4. Peserta dapat melihat status kelulusan seleksi administrasi untuk PPPK tenaga teknis di halaman tersebut. 

5. Akan muncul pemberitahuan "Selamat anda lulus tahap administrasi berkas" jika berhasil. 

6. Peserta akan diberikan penjelasan terkait jika dinyatakan tidak lulus.

7. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan administrasi yang diperlukan untuk lolos tahap seleksi administrasi PPPK tenaga teknis 2022 dapat mengajukan sanggahan dengan memenuhi persyaratan administrasi tersebut sekali lagi. 

Lalu, bagaimana jika gagal dalam seleksi PPPK 2022? 

Adakah hal yang dapat menjadi pilihan jalan keluar? 

Bagi pelamar yang tidak lulus PPPK tenaga teknis 2022 jangan putus asa karena MenpanRB akan mulai merekrut CASN untuk CPNS dan PPPK pada tahun 2023. 

Azwar Anas, MenpanRB, pada 29 Desember 2022 menyatakan bahwa perekrutan CASN, PPPK, dan CPNS akan dilakukan tahun 2023 ini. Pendaftaran CPNS 2023 dapat dijadikan sebagai strategi cadangan, karena peluang ini lebih baik dari sebelumnya. 

Untuk segera mengisi jabatan ASN yang terbuka, MenpanRB telah mengarahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menyampaikan laporan kebutuhan ASN yang direkrut. Jabatan-jabatan yang tersedia untuk rekrutmen PPPK antara lain jabatan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. Pendaftar harus berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi persyaratan menjadi ASN pada tahun 2023. Karena kriteria yang sangat berat akan diterapkan untuk rekrutmen CASN pada tahun 2023. Siap-siap dari sekarang. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Petunjuk Melihat Hasil Seleksi PPPK dan Opsi Jika Gagal

Trending Now