Kepala BNPB Terjunkan 1400 Insinyur Muda Untuk Konsultan Pendirian Rumah Tahan Gempa Bencana Cianjur

Eko Rudianto
05 Januari 2023 | 14.25 WIB Last Updated 2023-01-05T07:33:45Z

 
Kepala BNPB Terjunkan 1400 Insinyur Muda Untuk Konsultan Pendirian Rumah Tahan Gempa Bencana Cianjur

CIANJUR I JATIMSATUNEWS.COM: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jendral Suharyanto memberikan arahan terhadap penanganan bencana gempa bumi 5.6 SR 2022 serta live streaming dari akun instagram milik bupati cianjur dengan nama akun @h.hermansuherman.

Dalam arahan tersebut, kepala BNPB menjelaskan bantuan yang tersalurkan masih tahap 1 dan 2, sekitar 28 ribu penyintas yang menerima, secepatnya akan ada penyaluran tahap 3 dan akan ada tahap selanjutnya sesuai dengan  kebutuhan dan hasil rapid asesmen. 

Dalam masa transisi ke rehabrkonstruksi, untuk memudahkan penanganan dalam hal ini pendirian hunian tetap akan dilaksanakan di 3 jenis. Melalui bantuan pemerintah, mandiri dan melalui aplikator atau pihak ketiga. 

"Untuk itu kami turunkan insiyur muda sejumlah 1400 melalui PUPR untuk membantu masyarakat dalam konsultasi dalam pendirian hunian tetap (HUNTAP) agar terdirikan rumah tahan gempa" ujarnya.

18.000 unit rumah yang rusak berat tersebut sengaja dikebut agar hari raya maayarakat tidak lagi berada di shelter atau komunal namun sudah kembali ke rumah yang baru. Kepala BNPB mengaku mendapatkan bisikan dari bupati Cianjur agar Juni 2023 sudah selesai penangannya.

Cianjur ini memiliki kepadatan penduduk yang tinggi sehingga dalam penanganan bencana ini perlu dilakukaj ekstra.

"Satu bulan kemarin masih fokus kepada pembersihan puing-puing, hingga sekarang ada 1.000 rumah yang sudah dibersihakan" lanjutnya.

Kepala BNPB juga berharap semua aplikator untuk bisa berkoorinasi masih sebelum bertindak sebelum membangun rumah tahan gempa. (eko) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kepala BNPB Terjunkan 1400 Insinyur Muda Untuk Konsultan Pendirian Rumah Tahan Gempa Bencana Cianjur

Trending Now