Solusi Pengurangan Penggunaan Pestisida Kimia Dengan Biaya Rendah, Mahasiswa Gelar Pembuatan Jaddam Wetting

Admin JSN
14 Juni 2023 | 12.11 WIB Last Updated 2023-06-14T12:58:58Z
Mahasiswa Msib Upn Veteran Jatim, Gelar Pembuatan Jaddam Wetting Agent Sebagai 

CIANJUR | JATIMSATUNEWS.COM: 14 Juni 2023 di Desa Gekbrong Kec. Gekbrong Kab. Cianjur Jawa Barat. Mahasiswa Merdeka belajar kampus merdeka ( MBKM ) pendampingan petani melalui pembuatan jaddam wetting agent sebagai solusi pengurangan penggunaan pestisida kimia dengan biaya rendah di kecamatan Gekbrong.

Permasalahan utama yang dihadapi petani cabai adalah tingginya serangan hama penyakit. Dengan begitu, pengendalian menggunakan berbagai obat-obatan hama penyakit baik organik maupun kimia dilakukan oleh petani. Namun, pengaplikasian obat-obatan tersebut akan lebih efektif apabila diberi tambahan bahan atau obat sebagai pengurai agar memaksimalkan kinerja dari obat tersebut. 

Oleh karena itu, melalui kegiatan sekolah lapang dengan materi "Pembuatan JWA jadam", mahasiswa MSIB yayasan Edufarmers Bertani untuk Negeri mengajak petani untuk membuat jadam sebagai alternatif solusi memperoleh perekat atau pengurai  dengan biaya yang rendah. 
Melalui kegiatan sekolah lapang ke-3, mahasiswa magang Widya Wahyuningrum, Yuni Tiara Anggraeni, dan teman magang lainnya melakukan praktek pembuatan jwa jadam bersama petani dampingan.

Jadam Wetting Agent (JWA) adalah surfaktan ringan seperti sabun, yang memungkinkan zat lain menempel pada daun dan tubuh hama. Berfungsi sebagai perekat. Dengan begitu, akan meningkatkan kemampuan pelapisan dan penetrasi larutan lainnya yang dipakai sehingga akan lebih efektif digunakan.

Dalam pembuatan jwa jadam tersebut, alat dan bahan yang dibutuhkan tergolong mudah diperoleh. bahan yang digunakan antara lain soda api, minyak, dan air. Sedangkan alat yang digunakan adalah ember, mixer/alat bor/adukan kue, dan timbangan. 

Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahmi dengan petani dampingan dan stakeholder lainnya, saling sharing pengetahuan dan pengalaman dengan petani, membantu petani dalam menekan biaya output pembelian obat-obatan, dan mengurangi penggunaan bahan pestisida secara bertahap.

Dari kegiatan yang dilakukan, petani dampingan sangat antusias dalam menerima materi, pelaksanaan praktek, dan diskusi bersama. Kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan pembagian Doorprize berupa jwa jadam yang telah dibuat dan foto bersama.

Yuni tiara-Makinun amin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Solusi Pengurangan Penggunaan Pestisida Kimia Dengan Biaya Rendah, Mahasiswa Gelar Pembuatan Jaddam Wetting

Trending Now