Gembleng dan Uji Santri, Qudsiyyah Pertama Kali Baksos di Luar Muria Raya

Admin JSN
30 Juni 2023 | 17.16 WIB Last Updated 2023-07-02T04:14:22Z
Qudsiyyah Gelar Bhakti Sosial di Cianjur

CIANJUR | JATIMSATUNEWS.COM: Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Kudus menggelar Bhakti Sosial di Desa Peuteuy Condong Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Bhakti Sosial yang dilaksanakan oleh Pramuka Ambalan K.H.R. Asnawi ini dilaksanakan pada hari Rabu hingga Jum'at ini diikuti oleh 78 anggota Pramuka, guru dan alumni Qudsiyyah.

Bhakti sosial diawali dengan acara ziarah ke makam KH Zain Abdush Shomad atau Mama Gelar, ulama kharismatik di Cianjur. Pesantren Gelar juga merupakan tuan rumah acara bhakti sosial.

Dalam Kemah Bhakti Sosial ini diselenggarakan berbagai acara, antara lain takbir keliling, penyembelihan dan pembagian hewan kurban kepada masyarakat, lomba anak-anak, pengobatan gratis dan tabligh akbar. Penyelengaraan acara melibatkan Pondok Pesantren Gelar dan masyarakat sekitar. 

"Acara bhakti sosial ini untuk pertama kalinya digelar di luar wilayah Muria Raya. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin Yayasan Pendidikan Islam  Qudsiyyah setiap Idul Adha," tutur M. Kharis guru pendamping kegiatan.

Kegiatan ini bertujuan melatih kepedulian dan kepekaan santri-santri Qudsiyyah terhadap kondisi masyarakat. Di harapkan dengan kegiatan bhakti sosial, kelak para santri tidak lagi canggung ketika saatnya terjun ke masyarakat. 

"Bhakti sosial melatih para santri untuk secara aktif berkegiatan di tengah-tengah masyarakat. Bhakti sosial adalah sarana penggemblengan dan ujian berinteraksi sosial dan berdakwah di tengah-tengah masyarakat," lanjut kharis.

Acara tabligh akbar dihadiri oleh KH Ahmad Maftukhin dari  Darul Huffadz al-Matin juga merupakan alumni Qudsiyyah Kudus. Hadir juga guru sepuh Qudsiyyah KH Abdul Azis Sy.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gembleng dan Uji Santri, Qudsiyyah Pertama Kali Baksos di Luar Muria Raya

Trending Now