Pada Hari Kedua di Barus, Inilah Kerja Tim Peneliti

14 Agustus 2022 | 00.57 WIB Last Updated 2022-08-14T22:37:30Z
Keterangan Foto : Diskusi di Kantor Kecamatan Barus. Sumber Gambar: Dok.Pri

ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Tim Peneliti Batuta Institute telah melaksanakan agenda penelitian di Barus, Sabtu, 13 Agustus 2022. Agenda penelitian yang akan dilaksanakan selanjutnya pada Minggu 14 Agustus 2022 akan melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

Dalam Kegiatan “Ekspedisi Penelusuran Jejak Peradaban Awal  Islam di Nusantara” untuk meninjau dan menelusuri jejak peradaban tersebut dari tempat yang dipandang sebagai titik awal peradaban Islam Nusantara adalah jalan pertama untuk memperjelas klaim titik awal peradaban Islam di Nusantara, maka Agenda penelitian yang akan dilaksanakan pada Minggu 14 Agustus 2022 antara lain; bertemu dan wawancara dengan tokoh Barus seperti Bupati, Anggota DPRD, Ketua Adat Barus, Kepala Desa Barus dan Ketua MWC NU Barus.

Sementara itu untuk kegiatan pengumpulan dokumen akan ditujukan untuk mencari dokumen yang terkait dengan penelitian untuk melengkapi dokumen yang telah terkumpulkan pada hari pertama penelitian.

Kegiatan selanjutnya adalah meninjau dan mendokumentasikan situs sejarah Makam Mahligai serta makam-makam lain yang terkait dengan penelitian. Situs sejarah yang menjadi sasaran penelitian selanjutnya adalah jejak perkampungan keturunan arab yang ada di Barus.

“Kami dengan rendah hati mengharapkan dukungan dari masyarakat Barus guna lancarnya penelitian ini”, harapan Mursal Asmir.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pada Hari Kedua di Barus, Inilah Kerja Tim Peneliti

Trending Now