TIM Lajnah Falakiyah Averoes Sampang Adakan Ru'yah Hilal Bersama

Admin JSN
02 April 2022 | 10.48 WIB Last Updated 2022-04-02T03:48:50Z
SAMPANG I JATIMSATUNEWS.COM: Pada Jum'at sore, 01 April 2022, Jam 13:29 WIB di Pelabuhan Taddan, Camplong, Sampang, tinggi hilal 2° 09' 53", pada saat terbenamnya matahari 17:32 WIB, arah terbenamnya matahari 274° 32' 49" Dr.

Pada saat Ru'yatul Hilal bersama di Pelabuhan Taddan Sampang, dihadiri oleh Ketua BHR (Badan Hisab Ru'yah), KH. Husaini, Ketua Tanfidiyah PCNU Sampang KH. Itqon Busiri, Ketua LFNU Sampang K. Su'udi, Kepala Kemenag Sampang H. Moh. Ersad, M.Hi, Kesra Pemkab Sampang Ir. Thalhah, M.Si, Kasi Penyenggara Syari'ah Kemenag Sampang H. Abd. Ghafur, M.Pd, Kasi Bimas Kemenag Sampang H. Syaifuddin, M.MPd.

Kemudian, Ketua LAFAL (Lajnah Falakiyah Al-Mubarok Lanbulan Tambelangan Sampang Ust. Moh. Sholehuddin beserta Anggota, Ketua LAFAT (Lajnah Falakiyah Tuhfatut Thullab Robatal Sampang Ust. Moh. Rois beserta Anggota, Mahasiswa IAI NATA, MWC Tambelangan, MWC Jrengik, dan beberapa awak media.

Dalam Ru'yatul Hilal bersama, pada saat tembenamnya matahari 17:32 WIB, Hilal tak terlihat dikarenakan tertutup awan. Dan ditunggu saat terbenamnya Hilal pada jam 17:42 WIB karena lama hilal (Elongasi) sekitar 10 menit. Saat itu pun juga Hilal tak terlihat tertutup awan.

Pantauan, dan saat mengkonfirmasi Ketua LFNU Kab. Sampang, K. Su'udi Fadli, maka harus menunggu sidang istbath oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, saat ini atas laporan beberapa titik di Indonesia termasuk di Irian Jaya, Papua, Mataram, Makasar, Sumenep dan termasuk di Pelabuhan Taddan, tidak terlihat hilal karena tertutup awan", ujar Ust. Su'udi.

Dalam Hadits Nabi : 
صمو لرىءيته و أفطروا لرىءته 
(Shumu lira'yatihi, Wa afthiru lira'tihi) 

" Berpuasalah dengan melihat Hilal dan Berbukalah dengan melihat Hilal"

"Dengan wajibnya Puasa Bulan Ramadhan maka dari itu harus berhati-hati. Juga kami tidak bisa memutuskan langsung, dan menunggu Keputusan Menteri Agama RI di sidang istbath", pungkas KH. Itqon

Berdasarkan surat edaran dari LFNU (Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama') Indonesia pada tanggal 31 Maret 2022, dalam menentukan awal Hijriyah harus mencapai 3° (tiga derajat), hal ini di Jawa Timur ada 29 titik dalam Ru'yatul Hilal. 

Sehingga hari ini, Sabtu 2/3/2022 Nahdziyin belum berpuasa. Besok mengawali Ramadhan. 

( Tim )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TIM Lajnah Falakiyah Averoes Sampang Adakan Ru'yah Hilal Bersama

Trending Now