Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Pasar Minggu Pagi Pelangi Bidadari dan Event Pemikat

Admin JSN
06 Maret 2022 | 18.32 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z
Event Pemikat Pasar Minggu Pagi Pelangi Bidadari, Outbond PAUD PKK Tunas Bangsa
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Desa Ngroto mulai mengembangkan dan meningkatkan kembali perekonomian desa melalui pasar minggu. Pasar yang hanya beroperasi di hari minggu ini bermula dari inisiatif para ibu-ibu terutama PKK yang memiliki semangat  besar untuk turut andil dalam mensejahterahkan desanya yang kemudian mendapatkan izin dan arahan dari bapak kepala desa.

Pasar di resmikan pada tanggal 6 Februari 2022. Dalam kegiatan peresmian  datang  kepala dinas pasar kabupaten malang, kepala desa dan perangkat desa, ada pula warga sekitar yang turut memeriahkan kegiatan ini. Pasar buka pada jam 05.00 pagi sampai jam 11.00 siang. 

Terdapat 36 stand jualan yang telah disediakan oleh pengurus PMP, sehingga para pelaku usaha tinggal menempati tempatnya dan berjualan dengan bahagia. Para pengurus PMP senantiasa berupaya untuk mencari pengganti jika para pelaku usaha UMKM izin untuk tidak berjualan, sehingga stand dapat dipastikan tidak sampai kosong dari penjual.

Pasar ini dinamakan PMP yaitu pasar minggu pagi pelangi bidadari karena semua ibu-ibu pelaku usaha memiliki banyak ide yang bermacam-macam dan berwarna seperti pelangi. Semua produk yang ada di pasar minggu merupakan produk masyarakat desa ngroto sendiri, contoh dari produknya yaitu pemanfaatan buah dan sayur yang dijadikan kripik, ada kripik naga, seledri, nanas dll.

Tujuan dari dibangunnya PMP ini untuk mensejahterahkan perekonomian masyarakat. Hasil dari wawancara dengan Ibu Syanti KASIPEM (kepala seksi pemerintahan)  mengatakan bahwa ada wacana tidak hanya pagi bahkan sore. 
 "Jika semakin hari semakin meningkat, kami akan meningkatkan untuk pasar minggu sore".

Berdasarkan wawancara dengan ibu-ibu UMKM yang bernama ibu Ani, mengatakan bahwa kekurangan di pasar minggu ini yaitu event. Jika ada event, pasar minggu menjadi sangat ramai.

Menanggapi hal tersebut,  Hari Sayogo Ketua Pelaksana Pasar Minggu menyatakan akan terus mengupayakan event. Salah satu event yang biasa di berlakukan di pasar minggu salah satunya adalah senam, juga outbond. 

                       Mas Gaguk
" Setiap bulan akan ada outbond seperti Minggu pagi ini," papar lelaki yang biasa dipanggil Mas Gaguk ini sambil menunjuk siswa Paud dan Wali murid yang sedang Outbond di lokasi Pasar Minggu Pagi 6/3/2022

Adapun keunggulan dari pasar minggu ini yaitu pasarnya berada di pinggir jalan. Jalan di dekat pasar ini selalu dilewati oleh masyarakat sehingga dapat dipastikan tidak akan sepi dari pembeli. Selain itu adanya event dapat memeriahkan pasar minggu. 

Pasar minggu tidak hanya berjualan kuliner saja akan tetapi ada juga yang berjualan baju-baju yang fashionable. Dalam hal kuliner terbukti banyak yang meminati makanan seperti cenil, es krim, yoghurt, kripik dan lain-lain sebagaimana hasil wawancara dengan salah satu pelaku usaha UMKM yang berjualan di pasar minggu.

Perkembangan pasar minggu dalam pengamatan selama 3 minggu dapat dikatakan semakin meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya masyarakat yang menginginkan berjualan di pasar minggu.


Mahasiswa KSM Tematik Unisma 2022





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasar Minggu Pagi Pelangi Bidadari dan Event Pemikat

Trending Now