Tumis Terong Masak Kecap Pedas

16 Februari 2022 | 11.27 WIB Last Updated 2022-04-08T03:12:17Z


EVENT | JATIMSATUNEWS.COM: Terong adalah sayuran yang  bisa dibilang banyak diminati oleh masyarakat. Tersebab terong mudah dimasak menjadi berbagai olahan. Tekstur terong yang empuk menjadi salah satu faktor mengapa terong banyak dilirik oleh ibu-ibu. Tentunya dengan tekstur yang empuk ini membuat terong bisa dimasak dengan cepat. Nggak pakai lama dan nggak ribet.

Selama ini saya cukup sering memasak terong. Secara terong adalah sayur kesukaan suami. Yang paling sering dimasak lodeh dan disambel. Dimasak lodeh dengan santan kental dan aneka bumbu rempah serta pemberian cabe yang banyak, membuat terong menjadi sajian yang istimewa, menurut suami saya. Mendiang bapak mertua saya juga sangat gemar dengan lodeh terong ini. Bahkan meskipun sudah dihangatkan, beliau tetap suka.

Sedangkan diolah menjadi sambel, adalah sajian dari terong yang merupakan favorit saya. Terong dipotong sesuai selera, lalu digoreng. Disajikan dengan sambal tomat mix terasi. Beuh, dimakan dengan nasi hangat, berasa nikmat sekali.

Saya jadi teringat resep terong dari ibu kos sewaktu SMP dulu. Beliau memberi kami tumis terong bumbu kecap. Pada waktu itu masaih sangat asing bagi saya. Tapi rasanya kok enak. Makanya saya ingin mempraktikkannya sekarang.

Oke, bagaimana keseruan saya nguprek di dapur sama si terong dengan resep nostalgia ala Ibu Kos? Sila disimak tuturan resep berikut ini.


Resep Tumis Terong Masak Kecap Pedas


Bahan:

2 kg terong ungu

Minyak secukupnya

Air secukupnya

5 sdm kecap manis


Bumbu yang dihaluskan:

12 siung bawang merah

6 siung bawang putih

20 cabe rawit

1 jempol lengkuas


Cara membuat:

1. Potonglah terong dengan cara menyilang kurang lebih 3 sentimeter tanpa mengupas kulitnya. Rendam terong dalam air agar warnanya tetap cantik.

2. Haluskan bumbu dengan menggunakan blender, chopper atau ulegan. Terserah kamu, yang penting hasilnya benar-benar halus seperti pipimu yang baru perawatan.

3. Tumis bumbu halus hingga layu dan baunya harum seperti baumu yang baru saja mandi dan kesemprot deodoran aroma melati.

5. Masukkan potongan terong sedikit demi sedikit agar panci tidak terlalu penuh hingga membuatmu kesulitan menumis. Setelah cemplungan pertama agak layu, lanjutkan cemplungan berikutnya hingga terong masuk semua.

6. Aduk pelan-pelan saja, jangan main kasar kalau kamu nggak ingin terkena pasal penganiayaan pada terong. 

7. Masukkan kecap, gula pasir, kaldu bubuk. Aduk kembali hingga tercampur.

8. Cek rasa dan tingkat keempukan. Kalau semua sudah tak ada keraguan, berarti kamu bisa bilang, "sah" ini nikmat sekali. 


Aduhai, beginilah cara menyajikan terong dengan resep yang berbeda. Benar saja, ketika tumis terong meluncur di lidah teman-teman kerja, "enak" adalah satu kata yang meluncur dari bibir teman-teman saat mereka menjalani ritual maksi (makan siang).

Bahagia itu tidak mahal. Ketika kita menyuguhkan makanan hasil dari memasak sendiri meskipun hanya dengan resep yang sederhana, dan mendapatkan apresiasi, sungguh itu suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya.

So, boleh sejenak meninggalkan dapur kesayangan karena alasan kesibukan, namun pada saat-saat tertentu tetap luangkan waktu untuk memasak. Menurut saya, memasak bisa dijadikan ajang refreshing dari segala macam kesibukan.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Salam kuliner.


Siti Nazarotin

Blitar, 16 Februari 2022

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tumis Terong Masak Kecap Pedas

Trending Now