Dadar Gulung Ketela Isi Selai Salak

14 Februari 2022 | 03.23 WIB Last Updated 2022-04-08T03:12:17Z

Penulis: Resep  by Siti Nazarotin

EVENT | JATIMSATUNEWS.COM: Hai hai, ketemu lagi ya. Masih di dapur kesayangan, saya akan bagikan resep istimewa. Semua resep saya, istimewa sih. Menurut saya begitu. He he he

Resep ini mengingatkan kembali masa-masa saya ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Sekitar tahun 1984, waktu itu saya kelas 6. Dimana biasanya setiap akhir tahun, kelas 6 ada pelajaran praktik memasak. Dibentuklah beberapa kelompok yang akan mempraktikkan karyanya, mulai dari persiapan bahan, pengolahan, sampai finishing, --- semua dilakukan oleh masing-masing kelompok. 

Sementara Bapak Ibu Guru bertindak menjadi juri. Mereka mengamati mulai dari awal hingga akhir memasak. Tentu penilaiannya berkisar tentang rasa, tampilan dan kebersihan. Masing-masing kelompok menyerahkan hasil karya masakannya kepada Bapak dan Ibu Guru dan akan diumumkan pemenangnya. 

Kebetulan waktu itu yang keluar sebagai juara adalah kelompok saya. Padahal pada waktu itu, andil saya tidaklah dominan. Ada satu teman yang mengambil peran penting. Meskipun andil saya tidak terlalu dominan, namun kenangan itu ternyata sampai sekarang masih saya ingat dengan sangat baik. 

Anda tahu tidak, pada umumnya dadar gulung itu berbahan dasar tepung terigu. Namun pada 37 tahun silam, kami sudah berkreasi memodifikasi dengan bahan yang beda. Yakni dadar gulung dari ketela pohon atau singkong.

Anda penasaran apa saja dan bagaimana langkah-langkahnya? Sila diikuti resep berikut ini ya.

Resep Dadar Gulung Ketela Isi Selai Salak 

Bahan:

1 kilo gram ketela pohon [singkong] 

250 daging salak

8 sdm gula pasir

1/4 butir kelapa diparut

Pewarna makanan

Cara Membuat:

1. Kupas singkong, cuci sampai bersih dan parutlah. Sisihkan.

2. Kupas salak, hilangkan bijinya, cuci sampai bersih, haluskan dengan blender.

3. Rebus salak yang telah diblender, masukkan gula, masukkan 2 sdm singkong parut, aduk hingga selai mengental. Angkat dan dinginkan.

4. Siapkan panci untuk merebus. Tunggu air mendidih.

5. Sementara menunggu air mendidih, siapkan 2 tutup panci. 

6. Tutup panci digunakan untuk mencetak adonan dadar gulung. 

7. Ambil adonan sekira 50 gram, pipihkan pada tutup panci. Rebus dengan cara menutupkan pada panci yang berisi air mendidih. Rebus selama 7 - 10 menit.

8. Angkat dan diamkan sebentar. Ambil adonan yang telah direbus tadi, letakkan pada leser, masukkan isian, gulung yang rapi.

9. Sementara menggulung adonan tadi, kita sudah siap untuk mengukus adonan berikutnya yang telah kita siapkan pada tutup panci kedua.

10. Begitu seterusnya hingga adonan habis.

11. Setelah selesai, saya hitung jumlah dadar gulung, ternyata banyak juga. 1 kilo ketela, menjadi 10 biji dadar gulung.

Hmmmm, yummy. Kue sederhana, Dadar Gulung Ketela Isi Selai Salak berhasil menggoda Nakdis, hingga dietnya hari ini gagal. Haha, ampuni Ibu, Nakdis.

Bagaimana testimoni Nakdis tentang hasil kreasi saya hari ini? Nakdis bilang enak sekali. Sudah, kalau bagian berkomentar tentang hasil masakan ibunya, Nakdis paling jago. 

Enak, manis, gurih, unik tapi menarik. Mungkin ini komentar untuk Dadar Gulung Ketela Isi Selai Salak yang telah saya praktikkan. Ternyata dari bahan yang sederhana, bisa diolah menjadi kue yang enak dan mudah dipraktikkan. Bahkan bagi pemula sekalipun.

Demikian resep kue dadar gulung ketela isi selai salak telah saya bagikan, semoga bermanfaat.

Salam kuliner.


Blitar, 14 Februari 2022

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dadar Gulung Ketela Isi Selai Salak

Trending Now