Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Tumis Ikan Teri Tahu Tempe Kemangi

Admin JSN
30 Januari 2022 | 16.05 WIB Last Updated 2022-01-30T09:05:08Z
EVENT I JATIMSATUNEWS.COM: Menyajikan makanan yang enak dan disukai oleh semua anggota keluarga adalah dambaan setiap Ibu. Namun terkadang tekstur makanan yang dibuat tidak sesuai dengan selera yang diinginkan.

Seringkali Ibu harus bersusah payah menciptakan makanan yang sesuai di lidah semua anggota keluarga. Di mana tekstur makanan akan menentukan tingkat cita rasa yang berbeda. 

Oleh karena itu memasak makanan tidak boleh sembarangan, dalam artian setiap tahap harus dimulai dengan hati yang riang gembira dan penuh cinta. Agar proses memasak dan penyajian dapat menjadi momen yang istimewa.

Seorang ibu mempercayai jika hatinya senang, maka dia akan mampu menyajikan makanan yang istimewa. Meskipun bahan-bahannya sederhana dan ala kadarnya. Seperti olahan Tumis Ikan Teri Tempe Tahu Kemangi ini.

Terlebih bahan-bahan untuk membuat Tumis Ikan Teri Tempe Tahu Kemangi ini sangat mudah didapatkan. Bahkan setiap Akang Sayur membawanya. Kalau tidak ada Akang Sayur pun, ada penjual tempe tahu keliling dan ikan teri bisa distok di dalam kulkas. Jadi Ibu tidak perlu khawatir untuk tidak memasak.

Berikut adalah cara memasak Tumis Ikan Teri Tempe Tahu Kemangi.

Tumis Ikan Teri Tempe Tahu Kemangi

Bahan Utamanya:

 2 ons ikan teri ukuran kecil atau sesuai selera

4 potong tahu 

4 potong tempe

3 sdm minyak goreng untuk menumis

3 buah tomat hijau 


Bumbu-bumbu yang dihaluskan:

5 siung bawang merah 

3 siung bawang putih 

3 buah cabe merah besar

 7 buah cabe rawit 


Bumbu pelengkap:

1 sendok makan garam

1 1/2 sendok makan gula pasir 

13 pucuk daun kemangi atau sesuai selera 


Cara memasaknya:

Haluskan semua bumbu yaitu; cabai, bawang merah, dan bawang putih. Bisa di uleg atau menggunakan blender.

Kemudian panaskan minyak goreng untuk menggoreng tahu dan tempe, iris sesuai selera. Tiriskan jika sudah matang. 

 Jika semua bahan sudah siap, segera proses memasak dimulai. Yaitu terlebih dahulu bahan jangan lupa untuk dicuci.

Panaskan minyak goreng 3 sendok makan. Lalu goreng ikan teri dengan api kecil. Setelah itu tiriskan.

Masukkan bumbu uleg ke dalam minyak goreng bekas menggoreng ikan teri, jaga nyala api agar tetap kecil. Lalu setelah tercium bau harum, tambahkan 7 sendok makan air, beserta bumbu-bumbu; seperti garam, gula, kemudian tes rasa.

Baru kemudian masukkan ikan teri yang sudah digoreng, tempe, tahu dan pucuk daun kemangi yang telah dicuci.  Satu lagi, jangan lupa tomat hijau 3 buah yang sudah diiris-iris sesuai selera.

Masak dengan api kecil, kurang lebih 10 menit.

Tanda masakan sudah matang, salah satunya adalah tercium bau harum yang khas. Anda bisa tes rasa kembali. Apakah sudah sesuai dengan lidah atau belum. 

Catatan: Tekstur ikan teri tidak boleh terlalu kenyal atau terlalu lama dilumuri bumbu halus di atas wajan. Tujuannya agar ketika dimakan, nanti rasanya agak sedikit keras atau seperti kering.

Hal ini akan membuat semua anggota keluarga bisa menikmati makanan yang enak. Kemudian makanan Tumis Ikan Teri Tahu Tempe Kemangi sudah siap untuk disajikan.

Cukup mudah bukan memasak menu ini? Selain sangat praktis, bahan-bahannya pun juga mudah didapat, dan hasilnya istimewa.

Bau harum dari kemangi, perpaduan rasa pedas, asin, asam, manis, dan gurihnya mantap. Rasa sedikit asam berasal dari tomat hijau yang segar. Tentu akan membuat air liur tertelan tanpa sengaja dan ingin segera makan.

Akhirnya makanan Tumis Ikan Teri Tempe Tahu Kemangi siap disajikan bersama sebakul nasi hangat. Selamat mencoba! 


Salam,
Qoni Makhfudoh 

Ngawi 30 Januari 2022
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tumis Ikan Teri Tahu Tempe Kemangi

Trending Now