Pemkot Pasuruan Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 Dengan Khidmat

01 Oktober 2024 | 23.46 WIB Last Updated 2024-10-01T17:22:09Z



Upacara Hari Kesaktian Pancasila Dipimpin oleh Pjs.Walikota Dr.Lilik Pudjiastuti, upacara diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, TNI,Polri,dan Organisasi daerah.Tema tahun ini,"Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas"menegaskan semangat kebersamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang lebih baik 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM

Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Depan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo. Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dipimpin oleh Penjabat Sementara (Pjs.) Wali Kota Pasuruan, Dr. Lilik Pudjiastuti, SH., MH., pada Selasa siang (01/10/2024).

Tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 kali ini adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas" yang sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 23224/MPK.F/TU.02.03/2024 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Tema tersebut menggarisbawahi pentingnya semangat gotong royong dan kebersamaan dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera di masa depan.

Upacara diikuti oleh berbagai elemen, mulai dari personel bersenjata hingga organisasi masyarakat. Sebanyak 30 orang dari pasukan bersenjata Kodim 0819 Kota Pasuruan, 30 orang dari Yon Zipur 10, serta 30 orang dari Puslatsus Marinir Grati Pasuruan turut hadir. Selain itu, pasukan bersenjata dari Polres Pasuruan Kota sebanyak 30 orang juga turut serta.

Tidak hanya itu, sejumlah 30 orang gabungan dari Satpol PP Kota Pasuruan, 30 orang dari Korpri, 30 orang dari PGRI, serta perwakilan dari Banser dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan ikut menjadi bagian dari peserta upacara. Sebagai simbol semangat kebangsaan, dua peleton Paskibraka turut hadir dan memperkuat nuansa khidmat dalam acara tersebut.

Di kursi undangan, tampak hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sementara Kota Pasuruan, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para pejabat dari berbagai dinas dan perangkat daerah, termasuk camat dan lurah di lingkungan Pemkot Pasuruan. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap upacara yang merupakan bagian dari komitmen menjaga nilai-nilai Pancasila.

Tim Korsik Shangka Wibawa Soerapati turut mendukung jalannya upacara, menambah kemegahan suasana dengan lantunan musik yang mengiringi kegiatan. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapten ARM Achmad Fauzan dari Kodim 0819 Pasuruan memimpin barisan dengan tertib.

Upacara ini juga diisi dengan pembacaan Ikrar Kesetiaan kepada Pancasila oleh Ketua DPRD sementara, H. Toyyib, sebagai bentuk komitmen menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sementara itu, doa penutup dibawakan oleh Hakam Hamidi, S.Ag., M.Pd.I dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan, memohon keberkahan dan persatuan bagi bangsa Indonesia.

Secara keseluruhan, pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemkot Pasuruan berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar. Peringatan ini bukan hanya sekadar seremoni, namun menjadi pengingat pentingnya peran Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.

Dengan suksesnya acara ini, Pemkot Pasuruan kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila, demi terwujudnya Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera di masa mendatang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkot Pasuruan Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 Dengan Khidmat

Trending Now