Sembilan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang Kibarkan Merah Putih di Balaikota

17 Agustus 2024 | 17.38 WIB Last Updated 2024-08-17T10:38:16Z


Kota Malang (17/8) -- Upacara pengibaran bendera hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dirayakan dengan penuh semangat dan kekhidmatan di halaman Balaikota Kota Malang. Upacara puncak yang digelar di Balai Kota Malang ini dihadiri oleh unsur pimpinan baik militer maupun sipil. Upacara ini terasa istimewa dengan kehadiran barisan mahasiswa Papua yang tampil dengan balutan batik serta perlengkapan khas Papua. Beberapa turis mancanegara juga diberi kesempatan mengikuti upacara ini. Lebih istimewa lagi pasukan paskibraka yang mengibarkan bendera merah putih dihadapan PJ. Walikota, 9 orang diantaranya adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Kota Malang. Keikutsertaan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 ini didasarkan oleh keputusan Walikota Malang Nomor 005/428/35.73.505/2024 tanggal 13 Agustus 2024.
Upacara yang dimulai pada pukul 08.53 WIB, ditandai dengan masuknya Komandan Upacara. Pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Malang mengingatkan kembali pada perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan. Momen ini menjadi pengingat akan pengorbanan besar yang dilakukan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan. 
Kekhidmatan upacara semakin terasa saat doa dipimpin oleh Dr. Subhan dari Kementerian Agama. Doa ini mengajak seluruh peserta untuk memohon rahmat dan keberkahan bagi seluruh rakyat serta pemimpin Indonesia. Selain menjadi pengharapan yang mampu mempererat hubungan antarwarga negara, doa ini juga menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk terus mengabdi dan berbakti kepada bangsa.
Seusai Upacara Penjabat Walikota Malang, Iwan Kurniawan, ST, MM, berkenan memberikan penganugerahan tali asih kepada para pahlawan dan berfoto bersama sejumlah mantan Wali Kota Malang yang hadir. Momen ini menjadi simbol penghormatan dan rasa syukur atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Gus Shampton, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan rasa syukurnya. "Hari ini kita bisa merasakan udara kemerdekaan. Kita harus selalu mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raga, dan nyawa mereka untuk kemerdekaan yang kita nikmati saat ini. Marilah kita memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa ini sebagai bentuk terima kasih kita kepada Allah atas kemerdekaan yang kita rasakan. Rawatlah peninggalan para ulama ini dengan penuh tanggung jawab dan saya berterima kasih pada kawan-kawan madrasah yang mendidik siswanya dengan keikhlasan hingga 9 orang diantaranya menjadi pasukan pengibar bendera di Balaikota Malang menyingkirkan banyak siswa dari berbagai sekolah" ujarnya.
Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 di Kota Malang ini menjadi momen penting untuk merenung, bersyukur, dan memperkuat komitmen dalam menjaga serta merawat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Dengan semangat kebersamaan dan persatuan, bangsa Indonesia akan terus melangkah maju menghadapi tantangan masa depan dengan optimisme dan keteguhan hati.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sembilan Siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang Kibarkan Merah Putih di Balaikota

Trending Now