Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur: Inisiatif KKN Tematik Kelompok 03 Wujudkan Plang Pembatas di Desa Beloh Sebagai Simbol Identitas Jalan Sekaligus Penanda Batas Wilayah Desa

Admin JSN
20 Agustus 2024 | 10.29 WIB Last Updated 2024-08-20T03:29:57Z

 

Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 03 UPN “Veteran” Jawa Timur bersama perangkat Desa Beloh saat meresmikan plang pembatas desa sebagai simbol identitas dan penanda batas wilayah, 16 Agustus 2024

DESA BELOH | JATIMSATUNEWS.COM - Dalam rangka memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 03 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur 2024 melaksanakan inovasi yang membanggakan di Desa Beloh. 

Para mahasiswa ini berhasil membuat dan memasang plang pembatas desa yang menjadi simbol identitas sekaligus penanda batas wilayah desa. Pemasangan Plang Pembatas ini telah diresmikan oleh salah satu Perangkat Desa, Bapak Bayan di Desa Beloh, Kecamatan Trowulan, Kabupaten/Kota Mojokerto, Jumat (16/8/2024). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja KKN Tematik yang bertujuan untuk mengembangkan potensi desa dan memberdayakan masyarakat lokal. Dengan tema "Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif", para mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN Tematik Kelompok 03 ini merancang dan memasang plang pembatas desa dengan desain yang tradisional namun tetap mengedepankan kearifan lokal.

Ketua Tim KKN Tematik 03 UPN “Veteran” Jawa Timur, Jonathan Christianto Wibowo menyatakan bahwa Plang Pembatas desa merupakan salah satu fasilitas infrastruktur jalan yang memiliki fungsi sebagai penanda wilayah dan memberi informasi kepada warga sekitar serta masyarakat yang berkunjung. 

"Mengetahui kondisi jalan di Desa Beloh masih belum memiliki papan identitas jalan kami selaku tim KKN Tematik Kelompok 03 berinisiatif untuk memberikan sesuatu yang berkelanjutan bagi Desa Beloh dengan membuat dan memasang plang pembatas desa tersebut. Kami harap dengan adanya plang Pembatas desa ini tidak hanya menjadi penanda, tetapi juga dapat berfungsi sebagai media informasi yang bermanfaat bagi masyarakat", Ujar Jonathan.

Plang papan pembatas ini dibuat dengan kurun waktu kurang lebih 4 hari, mulai dari tahap desain papan pembatasnya, persiapan bahan (pencarian kayu, memotong, dan mengecat kayu), serta pembuatan tulisan, hingga penegakkan plang pembatasnya. 

Hal yang sama disampaikan Salah satu anggota kelompok KKN Tematik 03 UPN “ Veteran” Jawa Timur, Rafie Nurmatama, Kegiatan pemasangan plang jalan ini sudah berjalan dengan lancar dan sukses, dari mulai tahapan pembuatan dan pemasangan sampai dengan penyelesaian kegiatan pemasangan plang jalan. 

"Melalui kegiatan pemasangan plang jalan ini , Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Beloh sebagai petunjuk jalan," Pungkasnya.

Kepala Desa Beloh, Bapak Kartono, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kontribusi para mahasiswa KKN. 

"Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa dari UPN Veteran Jawa Timur yang telah memberikan perhatian dan kontribusi nyata bagi desa kami. Plang pembatas ini sangat bermanfaat dan menjadi kebanggaan baru bagi warga Desa Beloh," tuturnya. 

 Inovasi ini tidak hanya menjadi bukti nyata dari dedikasi para mahasiswa KKN, tetapi juga diharapkan dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan desa-desa di Indonesi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur: Inisiatif KKN Tematik Kelompok 03 Wujudkan Plang Pembatas di Desa Beloh Sebagai Simbol Identitas Jalan Sekaligus Penanda Batas Wilayah Desa

Trending Now