Kerugian Capai Ratusan Juta, Kandang Peternakan Ayam di Pasuruan Ludes Terbakar

Admin JSN
08 Agustus 2024 | 04.43 WIB Last Updated 2024-08-07T21:46:27Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM – Kandang peternakan ayam milik Marjub, Kepala Dusun Rembang, RT.001 RW.001, Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, terbakar sekitar pukul 11.55 WIB. Rabu (07/08/2024) 

Peternakan ayam yang bermitra dengan PT Mitra Utama,
"Rencananya akan diisi anakan ayam pada Kamis besok 8 Agustus 2024. Namun, rencana tersebut tidak bisa terlaksana," jelas Agus, petugas lapangan dari PT Mitra Utama yang mengawasi kandang ternak milik Marjub tersebut.

"Padahal pakan ayam baru saja diturunkan jam 11 siang tadi, sebanyak 14 zak besar, dan Marjub pemilik kandang sedang pulang mengambil alat untuk meratakan sekam (kulit padi). Belum sampai rumah, sudah ada telepon dari Miadi, warga yang sedang menyiram tebu, bahwa kandang ayamnya terbakar," tambah Agus saat ditemui jurnalis JSN di lokasi kejadian.

"Beberapa warga melihat adanya tetesan api di atas kandang akibat korsleting listrik yang jatuh mengenai tumpukan baju pegawai dan tumpukan sekam di bawahnya. Karena cuaca yang panas dan angin yang kencang, api semakin besar dan menghabiskan separuh dari kandang ayam tersebut," jelas Marjub, pemilik kandang. 

"Saya membangun kandang ini dengan biaya 180 juta, sekarang hanya tersisa puing-puingnya saja. Belum lagi saya harus membayar pakan ayam 14 zak yang ikut terbakar," tambahnya. 

Istri Marjub dan beberapa saudara yang ikut dalam kepemilikan kandang hanya bisa menangis, apalagi kandang tidak diasuransikan. 

"Kami hanya bisa menatap puing-puingnya saja," ujar Aini, istri Marjub yang juga pemilik kandang yang terbakar.

Hingga berita ini diturunkan, kepulan asap masih terlihat di beberapa tumpukan sekam di sekitar kandang ayam yang terbakar. Kerugian sementara diperkirakan mencapai 200 juta rupiah.

Pewarta: Bli | Editor: Fachry
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kerugian Capai Ratusan Juta, Kandang Peternakan Ayam di Pasuruan Ludes Terbakar

Trending Now