DPRD Tulungagung Usulkan Satu Nama untuk Pj Bupati

Admin JSN
14 Agustus 2024 | 19.17 WIB Last Updated 2024-08-14T12:17:55Z

 

DPRD Tulungagung mengusulkan Dr. Ir. Heru Suseno, MT sebagai Pj Bupati kepada Kemendagri, berharap agar pembangunan berkesinambungan dapat dimulai dalam APBD 2025

TULUNGAGUNG | JATIMSATUNEWS.COM – DPRD Tulungagung mengusulkan Dr. Ir. Heru Suseno, MT sebagai Penjabat (Pj) Bupati Tulungagung kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Heru Suseno, yang saat ini masih menjabat sebagai Pj Bupati Tulungagung, akan mengakhiri masa jabatannya pada 15 September 2024 mendatang.

Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, S.Sos, pada Rabu (14/5) menyatakan bahwa DPRD Tulungagung telah sepakat untuk mengusulkan hanya satu nama kepada Kemendagri, yaitu Heru Suseno, yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati. 

"Satu nama itu, yakni Pj Bupati (Heru Suseno) yang menjabat saat ini," ujarnya.

Marsono menjelaskan bahwa sesuai dengan mekanisme, DPRD dapat mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati. Demikian pula, Gubernur dan Kemendagri masing-masing dapat mengusulkan tiga nama. Nantinya, nama-nama tersebut akan disaring menjadi tiga calon yang akan dipilih oleh Presiden. 

"Mekanismenya sama dengan pengusulan Pj Bupati sebelumnya," paparnya.

Marsono juga mengungkapkan bahwa dalam pengusulan nama Pj Bupati, pimpinan DPRD Tulungagung dikejar waktu. Surat dari Kemendagri memberikan batas waktu hanya lima hari untuk pengusulan nama tersebut. 

"Tanggal 12 Agustus sudah harus dikirim ke Kemendagri. Setelah berdiskusi dengan pimpinan dewan, kami memutuskan untuk mengusulkan satu nama Pj Bupati lagi," terangnya.

Selain itu, Marsono menyebut bahwa DPRD Tulungagung mengalami kesulitan dalam mencari sosok lain untuk diusulkan sebagai Pj Bupati Tulungagung, mengingat jabatan tersebut harus setingkat kepala dinas di pemerintahan provinsi (Pemprov).

Terkait kinerja Heru Suseno selama menjabat sebagai Pj Bupati, Marsono menilai bahwa kinerjanya "sedang-sedang saja." "Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan," tambahnya.

Namun demikian, Marsono berharap Pj Bupati Tulungagung di masa mendatang dapat meletakkan pondasi rencana pembangunan berkesinambungan untuk pejabat bupati definitif yang terpilih dalam Pilkada Tulungagung 2024. Semisal pembangunan Kantor Pemkab Tulungagung yang dinilai saat ini tidak representatif lagi dan harus dibangun dengan biaya besar. 

"Rencana itu bisa dituangkan dalam APBD tahun 2025, sehingga ketika ada kepala daerah baru, rencana pembangunan tidak dimulai dari nol lagi," jelasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPRD Tulungagung Usulkan Satu Nama untuk Pj Bupati

Trending Now