Peran Media Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

29 Juli 2024 | 20.59 WIB Last Updated 2024-07-30T03:56:04Z

KPU Sidoarjo Gelar Media Gathering Untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pilkada Serentak 2024

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM-Pilkada serentak 2024 di Indonesia menjadi momentum penting bagi demokrasi dan partisipasi masyarakat. Dalam konteks ini, peran media menjadi sangat krusial. Media tidak hanya berfungsi sebagai saluran informasi, tetapi juga sebagai agen perubahan yang mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan umum.

Untuk menunjang keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu di Sidoarjo, KPU Kabupaten Sidoarjo gelar Media Gathering bersama media dengan tema " Peran media dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024" yang diselenggarakan selama dua hari Sabtu - Minggu (27 - 28/7/24) dan diikuti puluhan wartawan dari berbagai media yang bertempat di Royal Tretes View Hotel, Prigen, Pasuruan.

Pada acara tersebut dihadiri ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adim.  Fauzan juga memperkenalkan anggota baru KPU Sidoarjo yang dilantik 13 Juni 2024 lalu di Jakarta.

Anggota baru tersebut yaitu  M Natsiruddin Yahya (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi), Haidar Munjid (Divisi Teknis Penyelenggaraan), Ahmad Nidhom (Divisi Hukum dan Pengawasan) dan Mukhamad Yasin (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM).

Kegiatan media gathering ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan peran media dan pelayanan KPU dalam mempengaruhi opini publik, memberikan informasi dan mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak yang demokratis dan partisipatif.

“Dengan hadirnya peran media dalam sosialisasi pilkada sangat penting untuk informasi publik yang terkait pilkada serentak 2024 dan terjalin sinergi yang baik ,” ungkap Fauzan Adim Ketua KPU Sidoarjo.

Fauzan menambahkan dengan acara Media Gathering ini diharapkan dapat memberikan informasi terkait tahapan-tahapan dalam kegiatan pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang, karena media sebagai pengawal demokrasi dalam penyiaran informasi.

Pada kesempatan tersebut, dihadirkan dua narasumber yaitu M Afif Amrullah (Komisioner KPID Jatim) yang membawakan materi tentang media penyiaran sebagai pengawal demokrasi dalam Pilkada serentak 2024, serta Mustain (Ketua PWI Sidoarjo) yang memaparkan materi soal peran penting media massa dalam Pilkada. (zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Media Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Trending Now