Gita Lintang Sembilan SMP Ahmad Yani 1Baureno Bojonegoro Raih Juara II Caption Music dan Peringkat IV Lomba Kirab Klasemen SMP/Mts Kejurdaprov Drum Band Jatim 2024

Admin JSN
01 Juli 2024 | 08.06 WIB Last Updated 2024-07-01T03:55:08Z

LAMONGAN | JATIMSATUNEWS.COM - Gelaran Kejuaraan Provinsi (KEJURDAPROV) Drum Band Jawa Timur 2024 berlangsung meriah di Lamongan pada 28 – 30 Juni. Acara ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Jawa Timur. Setelah terhenti selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan ini kembali digelar sebagai bentuk pelatihan prestasi atlet sekaligus pengembangan organisasi Drum Band di daerah. Tujuannya adalah mewujudkan atlet-atlet Drum Band Jawa Timur yang berkualitas dan siap berkompetisi.

Pada Kejurprov 2024 ini, terdapat empat mata lomba yang dipertandingkan. Dua di antaranya merupakan mata lomba prestasi yang dipertandingkan di PON dan kejuaraan internasional, yaitu Lomba Unjuk Gelar (LUG) dan Lomba Baris Berbaris (LBB). Selain itu, ada dua mata lomba pembinaan, yakni konser khusus untuk anak usia dini (TK/RA) dan lomba penyajian karya atau Street Parade yang lebih dikenal sebagai Lomba Kirab. Street Parade dilaksanakan di pusat Kota Lamongan, dengan rute dari alun-alun menuju Gedung Olahraga (GOR).

Bojonegoro melalui PDBI mengirimkan tim Gita Lintang Sembilan SMP 1 Ahmad Yani Baureno untuk berlaga di kategori Street Parade. Kegiatan ini berlangsung pada 30 Juni 2024, dimulai dari alun-alun Lamongan menuju GOR. Penilaian untuk kategori Street Parade didasarkan pada berbagai indikator, mulai dari analisa musik perkusi dan melodi, efek keseluruhan (general effect), keseragaman barisan, gitapati, hingga mayoret. Dari seluruh peserta, akan dipilih tiga juara terbaik.

Persaingan di Kejurprov Drum Band Jatim 2024 sangat ketat, terutama bagi tim Gita Lintang Sembilan SMP 1 Ahmad Yani Baureno Bojonegoro yang harus bersaing dengan tujuh peserta lainnya dari klasemen SMP/MTs yang memiliki jam terbang tinggi dalam mengikuti berbagai lomba drum band, baik di tingkat kota /kabupaten maupun provinsi. Meskipun demikian, dengan semangat yang luar biasa dan latihan efektif selama kurang dari satu bulan, tim Gita Lintang Sembilan mampu menampilkan penampilan yang apik dan kompak.

Hasilnya, tim Gita Lintang Sembilan SMP 1 Ahmad Yani Baureno Bojonegoro berhasil meraih Juara II Caption Music dan Peringkat IV Lomba Kirab Kelas SMP/MTs di KEJURDAPROV Drum Band Jatim 2024. Prestasi ini menjadi suatu kebanggaan bagi Kabupaten Bojonegoro.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada PDBI Bojonegoro yang telah mempercayai tim Gita Lintang Sembilan untuk mewakili kabupaten dalam ajang bergengsi ini. Penghargaan juga diberikan kepada para pelatih yang telah gigih membina dan berlatih tanpa lelah, serta kepada Majelis Pembina, pengurus, dan para guru di Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif NU SMP-SMA Ahmad Yani Baureno yang telah memberikan dukungan moril dan materiil yang tak terhingga .

Raihan juara ini menjadi tonggak sejarah perubahan besar bagi Gita Lintang Sembilan SMP 1 Ahmad Yani Baureno Bojonegoro dalam perlombaan drum band tingkat provinsi dan akan menjadi bekal berharga dalam mengikuti lomba-lomba drum band berikutnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gita Lintang Sembilan SMP Ahmad Yani 1Baureno Bojonegoro Raih Juara II Caption Music dan Peringkat IV Lomba Kirab Klasemen SMP/Mts Kejurdaprov Drum Band Jatim 2024

Trending Now