Desa Klurak Gempar! KKN Tematik Bela Negara Kelompok 12 UPN "Veteran" Jawa Timur Bawa Misi Super ke Desa Klurak Sidoarj

Admin JSN
25 Juli 2024 | 19.07 WIB Last Updated 2024-07-25T12:07:57Z

 

Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 12 UPN “Veteran” Jawa Timur berfoto bersama Kepala Desa Klurak, Bapak Siswoko, usai melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan di Desa Klurak, Sidoarjo, 24 Juli 2024

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM – Kelompok 12 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bela Negara Gelombang 1 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menginisiasi kegiatan KKN Tematik Bela Negara di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada nilai-nilai kebangsaan tetapi juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Dengan tema “Mengabdi Untuk Negeri, Ciptakan Desa Bersinergi dengan Aksi Hari Ini”, mahasiswa KKN berupaya memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Klurak. Beberapa program unggulan yang dilaksanakan antara lain:

Pemberdayaan UMKM: Mahasiswa membantu para pelaku UMKM lokal dalam mengembangkan produk, melakukan branding, dan pemasaran produk secara online. Tujuan program ini adalah meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pendampingan rutin dan berkala.

Pelestarian Lingkungan: Kegiatan meliputi pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi, pembuatan kompos melalui lubang resapan biopori, pemilahan sampah, daur ulang sampah, dan sosialisasi pengelolaan sampah. Program ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga alam.

Aksi Peduli Gizi: Mahasiswa memberikan edukasi tentang gizi seimbang dan pentingnya konsumsi makanan bergizi kepada masyarakat, terutama anak-anak. Mereka juga berpartisipasi dalam aksi pencegahan stunting yang dilakukan oleh ibu-ibu Posyandu Desa Klurak.

"Kami memilih fokus pada SDGs karena kami ingin KKN ini tidak hanya bermanfaat dalam jangka pendek, tetapi juga dapat memberikan dampak jangka panjang bagi masyarakat. Dengan menggabungkan nilai-nilai bela negara dan SDGs, kami harap dapat menciptakan perubahan yang lebih signifikan," ujar salah satu mahasiswa KKN.

Kepala Desa Klurak, Bapak Siswoko, sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa. “Program-program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat Desa Klurak. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan menghasilkan hasil yang lebih baik lagi.” Bapak Ketua BPD, Bapak Kasiaji, juga menambahkan, “Kami sangat berharap program KKN ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat desa, baik dari segi peningkatan keterampilan, pengetahuan, maupun kesejahteraan."

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur sebagai lembaga pendidikan tinggi berkomitmen untuk mencetak lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik yang tinggi, tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Melalui KKN Tematik Bela Negara ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu membawa Desa Klurak menjadi desa yang lebih maju dan mandiri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Klurak Gempar! KKN Tematik Bela Negara Kelompok 12 UPN "Veteran" Jawa Timur Bawa Misi Super ke Desa Klurak Sidoarj

Trending Now