PENGEMBANGAN VERTICAL FARMING SEBAGAI EDUKASI DALAM PENCEGAHAN STUNTING OLEH UKM LRM, UNIWARA MELALUI PEMBERDAYAAN SISWA SMA/SMK/MA DESA JATIREJO LEKOK, PASURUAN

Eko Rudianto
27 Juni 2024 | 19.38 WIB Last Updated 2024-06-27T12:50:45Z

PASURUAN | Mahasiswa anggota UKM LRM (Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Riset Mahasiswa) Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan melakukan kegiatan sosialisasi dan praktik penanaman Vertical Farming sebagai edukasi gizi dan kesehatan pencegahan stunting kepada siswa atau siswi SMA/SMK/MA daerah Desa Jatirejo dalam rangka program Mahasiswa Membina Desa (M2D) di Balai Desa Jatirejo, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan, Jawa Timur pada hari Minggu tanggal 9 Juni 2024.

Kegiatan pembinaan desa Jatirejo ini berawal dari potensi sumber daya perikanan yang melimpah di daerah Desa Jatirejo sebagai daerah pesisir namun minimnya minat anak-anak termasuk remaja dalam mengonsumsi sayur-sayuran sebagai porsi kelengkapan gizi pangan harian yang dapat menjadi salah satu faktor tumbuhnya angka stunting termasuk pada anak usia remaja. Oleh karena itu, mahasiswa anggota UKM Lembaga Riset Mahasiswa bersama Dosen Pembina UKM LRM melakukan pembinaan terutama kepada remaja SMA/SMK/MA Desa Jatirejo berupa sosialisasi gizi dan kesehatan serta praktik penanaman metode Vertical Farming di Balai Desa Jatirejo, Kec.Lekok, Kab. Pasuruan.

Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan oleh seluruh anggota M2D UKM LRM beserta Dosen Pembina dan pihak-pihak Desa Jatirejo yang telah mendukung sekaligus membantu kelancaran jalannya kegiatan ini.

“Program sosialisasi stunting ini sangat bermanfaat bagi remaja sebagai pengetahuan awal dalam pencegahan dan penanggulangan stunting sejak dini. Edukasi perbaikan gizi yg diberikan juga harapannya membuat remaja menjadi lebih sehat,”Ungkap Ibu Amirotul Muniroh, M.Si. selaku Dosen Pembina UKM Lembaga Riset Mahasiswa, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan ketika ditanya tentang bagaimana tanggapan terhadap program kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa anggota M2D UKM Lembaga Riset Mahasiswa tersebut.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan-sambutan oleh MC acara sosialisasi, kemudian secara bersama-sama menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan MARS UNIWARA. Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan program M2D (Mahasiswa Membina Desa) UKM Lembaga Riset Mahasiswa oleh rekan mahasiswa Risalatul Fathimah Ahmad selaku ketua pelaksana kegiatan M2D UKM LRM. Kemudian dipersilahkan kepada Bapak Moh. Nizar selaku Sekretaris Desa Jatirejo, kec. Lekok, kab. Pasuruan untuk memberikan sambutan kepada seluruh anggota pelaksana kegiatan M2D UKM LRM sekaligus membuka secara resmi acara sosialisasi dan program kegiatan lainnya oleh UKM LRM dalam kegiatan M2D. 

Memasuki acara inti pertama, Ibu Amirotul Muniroh, M.Si. selaku Dosen Pembina UKM LRM sekaligus narasumber acara sosialisasi gizi dan kesehatan memberikan pemaparan materi mengenai pentingnya peran remaja dalam pencegahan stunting, memberikan pemahaman dan menyadarkan akan pengertian dan bahaya nya dampak stunting termasuk pada remaja, apa saja penyebab tumbuhnya stunting, serta bagaimana pencegahan stunting termasuk edukasi untuk mengonsumsi pangan harian dengan gizi yang seimbang dalam program “isi piringku” dengan makanan pokok, buah-buahan, sayur-sayuran, lauk-pauk, menjaga kebersihan dan kesehatan badan dan sekitar sejak dini. 

Ibu Ami juga memaparkan bahwa dengan melalui penanaman Vertical Farming dapat menyadarkan dan menjadi salah satu upaya pemenuhan gizi seimbang termasuk pada remaja Desa Jatirejo. Selanjutnya memasuki acara inti kedua yaitu praktik penanaman Vertical Farming yang secara antusias dijalankan dengan baik dan lancar oleh seluruh peserta dan anggota pelaksana kegiatan M2D UKM LRM.

“Program ini merupakan kegiatan yang bagus sekaligus inovasi juga motivasi untuk desa kami dan harapannya kedepan semoga dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat desa termasuk remaja Desa Jatirejo dalam upaya pencegahan tumbuhna stunting serta dapat meningkatkan minat masyarakat akan pentingnya mengonsumsi pangan dengan gizi yang seimbang”, jelas Bapak Ainul Yakin selaku Kepala Desa Jatirejo, kec. Lekok, kab. Pasuruan mengenai tanggapan dan harapan ke depannya tentang program M2D UKM LRM di Desa Jatirejo.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PENGEMBANGAN VERTICAL FARMING SEBAGAI EDUKASI DALAM PENCEGAHAN STUNTING OLEH UKM LRM, UNIWARA MELALUI PEMBERDAYAAN SISWA SMA/SMK/MA DESA JATIREJO LEKOK, PASURUAN

Trending Now