Momentum Idul Adha : Ribuan Porsi Daging Qurban Didistribusikan Turen Indah Group, Sembelih 5 Sapi dan 2 Kambing

Eko Rudianto
17 Juni 2024 | 17.43 WIB Last Updated 2024-06-17T12:30:23Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Momentum Hari Raya Idul Adha identik dengan ibadah qurban yang dilakukan umat muslim di dunia, tak terkecuali di Indonesia khususnya keluarga besar Turen Indah Group milik pengusaha asal malang Kyai Haji Makhrus Sholeh. Owner Turen Indah Bangunan (TIB) itu menggelar penyembelihan hewan qurban berupa 5 ekor sapi dan 2 kambing seusai sholat idul adha, bertempat di kantor pusat miliknya di Jalan Raya Talang Suko No.15 b, dusun Padi, desa Talangsuko, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang pada, senin (17/6/2024). 

Ibadah Qurban tersebut telah puluhan tahun lamanya dijalankan perusahaan Turen Indah (TI) ini dengan biaya dari perusahaan dan diatasnamakan karyawan TI dengan sistem giliran sesuai nama. Diketahui sebelumnya karyawan Turen Indah Group ini lebih dari 1000 karyawan dengan berbagai bidang usaha, mulai dari properti, perumahan, hingga kuliner dan lain-lain. 

"5 Sapi dan 2 Kambing disembelih hari ini dg biaya seluruhnya dari perusahaan. Diatas namakan karyawan turen Indah bangunan by name sesuai gilirannya" ujar Makhrus.

5 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang telah disembelih kemudian dilakukan penimbangan sekaligus packaging rapi kemudian disalurkan kepada warga sekitar kantor pusat Turen Indah grup di talang suko Turen, karyawan dan rekanan, yang menghasilkan ribuan paket bungkus daging qurban. 

Selama proses penyembelihan berlangsung di tempat penyembelihan  juga disiapkan ratusan porsi makanan siap saji dan olahan daging kurban untuk warga dan karyawan yang datang. Di sela-sela kesibukannya yang langsung ikut mencacah sekaligus menyembelih Makhrus Sholeh menyampaikan bahwa motivasinya dalam menyembelih adalah percaya terhadap apa yang dia qurban sekaligus shadaqahkan akan diganti dengan jalan yang tak terduga.

"Saya percaya ayat Allah subhanahu watta'ala wa may yattaqillāha yaj'al lahū makhrajā(n). Wa yarzuqhu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Itulah motivasi berqurban saya" tutur Makhrus.

Selain itu, 5 ekor sapi dan kambing tersebut telah langsung disembelih sendiri oleh Owner TI H. Makhrus Sholeh dengan alasan agar bisa membayangkan jika darah yang mengalir hewan yang disembelih bagaikan dosa-dosaanusia yang mengalir.

"Saya itu suka menyembelih sendiri, biasa orang kampung dulu, saya dan dari kampung. Dan saya itu membayangkan saat darah hewan itu mengalir ketika saya sembelih, saya membayangkan pula disitu dosa kita akan mengalir rontok pula" pungkasnya

Selain 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang sudah disembelih dan selesai dibagikan siang hari ini, akan ada penyembelihan satu ekor sapi yang yang insyaallah dilakukan di Sidoarjo.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Momentum Idul Adha : Ribuan Porsi Daging Qurban Didistribusikan Turen Indah Group, Sembelih 5 Sapi dan 2 Kambing

Trending Now