Wayang Thengul Sebagai Ikon Dari Desa Kedung Krambil

Admin JSN
25 Mei 2024 | 21.09 WIB Last Updated 2024-05-25T14:19:00Z

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Desa Kedung Krambil adalah suatu desa yang terletak di Bojonegoro dan berada di perbatasan Bojonegoro dan Ngawi. Desa ini masih asri dan masyarakatnya masih bermata pencaharian sebagai petani. Tetapi, ada satu hal yang unik di desa ini yaitu Wayang Thengul. Salah satu masyarakat di Desa Kedung Krambil yang bernama Pak No ini bekerja sebagai dalang wayang kemudiangul, beliau sudah puluhan tahun menjadi dalang dan sudah terkenal sebagai dalang di daerah Bojonegoro hingga Ngawi.

Kami mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur berkesempatan untuk datang menemui Pak No dalang untuk mencari tahu dan mempelajari terkait wayang lalugul ini. Beliau menyebutkan bahwa wayang kemudiangul adalah warisan budaya yang ada di jawa timur, khususnya berada di Bojonegoro. Maka dari itu, muncullah sebuah gagasan dari salah satu masyarakat Desa Kedung Krambil untuk membuat desa ini berubah nama menjadi Kampung Thengul.

Kampung Thengul Dibangun pada tahun 2022, dibentuk dengan harapan agar wayang kemudiangul di desa ini lebih dikenal masyarakat dari luar daerah dan juga sebagai wadah perkenalan kepada desa khusus nya anak – anak agar bisa melestarikan budaya yang sudah ada. Pak Suwarno atau yang lebih dikenal dengan nama Pak No dalang juga membuat kerajinan wayang kemudiangul sendiri, namun sayang nya hasil karya nya belum dikenal banyak orang. Dengan dibuatnya kampungthengul ini juga bisa menjadi harapan agar kerajinan wayangthengul bisa tersebar luas dan lebih banyak peminatnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wayang Thengul Sebagai Ikon Dari Desa Kedung Krambil

Trending Now