SMPN 1 Kraksaan Probolinggo Gelar Outing Class Edukasi di Kebun Raya Purwodadi

Admin JSN
14 Mei 2024 | 13.43 WIB Last Updated 2024-05-14T06:45:51Z

 

SMPN 1 Kraksaan Probolinggo Gelar Outing Class Edukasi di Kebun Raya Purwodadi

PROBOLINGGO | JATIMSATUNEWS.COM: SMPN 1 Kraksaan menyelenggarakan kegiatan Outing Class bagi siswa kelas 7 akselerasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengalaman belajar langsung kepada siswa tentang lingkungan hidup dan ilmu pengetahuan alam.

Bertempat di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur Outing Class ini diisi dengan berbagai kegiatan edukatif yang menarik. Siswa diajak untuk mengikuti kelas edukasi pembuatan kompos di Rumah Kompos Kebun untuk mempelajari cara mengolah sampah organik yang berasal dari dedaunan dari kebun menjadi pupuk yang bermanfaat.

Selanjutnya, siswa mengikuti kelas edukasi tanaman di area Taman Buah Lokal. Di sini, mereka belajar tentang proses penanaman tanaman Bromelia dan pemberian pupuk dalam pot. Mereka tampak sangat bersemangat dan aktif berinteraksi selama kegiatan berlangsung. 

Kegiatan terakhir adalah berkeliling di Taman Tumbuhan Obat Kebun Raya Purwodadi. Siswa diajak untuk mengenal berbagai jenis tanaman obat dan manfaatnya. Pada kesempatan ini, para siswa dan guru pendamping mencicipi Teh Telang yang telah disediakan oleh Kebun raya Purwodadi. Menariknya bunga telang tersebut diambil langsung dari taman tumbuhan obat.

Menurut Ibu Novi, salah satu guru pendamping, Outing Class ini merupakan bagian dari program pembelajaran IPA kelas 7 Akselerasi. "Nantinya, anak-anak akan membuat sebuah karya ilmiah dan teks prosedur yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain, yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia," jelasnya.

SMPN 1 Kraksaan memilih lokasi Kebun Raya Purwodadi karena tempat konservasi ini sangat relevan dengan pembelajaran IPA. "Di sini, siswa dapat belajar langsung tentang berbagai jenis tanaman dan ekosistem," ujar Ibu Novi.

Outing Class ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang lingkungan hidup dan ilmu pengetahuan alam. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian siswa terhadap alam. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMPN 1 Kraksaan Probolinggo Gelar Outing Class Edukasi di Kebun Raya Purwodadi

Trending Now