Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Serta Pembekalan Anggota Panwaslu Kecamatan Pada Pemilihan Tahun 2024

25 Mei 2024 | 18.04 WIB Last Updated 2024-05-26T00:12:32Z

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM - Ketua dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Sidoarjo bersama Plt Bupati Sidoarjo memberikan pembekalan kepada anggota 54 anggota panitia Panwascam di 18 kecamatan  se-kabupaten Sidoarjo, Berlangsung di Hotel Aston Sidoarjo Kahuripan Raya No.14, Entalsewu, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, dalam rangka pemilihan Bupati (Pilbup), Kabupaten Sidoarjo dan Pemilihan Gubernur ( Pilgub), Jawa Timur Tahun 2024, Sabtu (25/05/2024).

Pembekalan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan kinerja Panwaslu Kecamatan dalam mengawasi tahapan pemilihan di tingkat kecamatan se-kabupaten Sidoarjo.

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha, SH,. Mengucapan selamat kepada Panwascam Kab. Sidoarjo yang barusan dilantik dan diambil sumpah janji semoga pemilu tahun 2024 lancar tidak ada halangan apapun," Kita mendorong kegiatan politik memperhatikan pengawasannya karena mekanisme di dalam kegiatan akan terus terjadi dan sistematis maka akan bisa dipastikan apakah kebijakan itu akan berpihak kepada siapa dalam melakukan kebijakan dimana kita hari ini harus berdiri tegak bergandengan dengan masyarakat," ujarnya 

" Bahwa kegiatan ini yang harus kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu sehingga mendapatkan satu landasan bagaimana mekanisme kita sampaikan kepada masyarakat. Beberapa tugas dan tanggung jawab sangat penting dalam pengawasan pemilu dan penindakan apabila ada pelanggaran, dari tingkat bawah sampai ke tingkat Kabupaten," Pungkasnya.

Menutup sambutannya Ketua Bawaslu Agung Nugraha Mengucapkan,

Selamat melaksanakan tugas kepada seluruh Jajaran Anggota Panwascam yang baru dilantik, tetap jaga integritas, bekerja secara profesional untuk demokrasi jujur dan adil sehingga melahirkan pemimpin yang baik nantinya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Subandi, SH.,MKn (Plt. Bupati Sidoarjo), dalam sambutannya menyampaikan," Pengawasan ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan saya menghimbau kepada Panwascam agar dalam melaksanakan tanggung jawab yg baik jangan sampai mencederai pemilu dan laksanakan sesuai fakta dilapangan," tegasnya.

" Selamat kepada panwascam Kecamatan se-kabupaten Sidoarjo atas dilantiknya, karena semua di evaluasi dan direkrutmen kembali dalam pengambilan Panwascam serta laksanakan dengan rasa tanggung jawab. Di indonesia lembaga satu satunya yang diberi mandat dalam pengawasan pemilu adalah Bawaslu dan Panwascam, makanya harus orang nekat karena obyek kita adalah netralitas ASN ,TNI dan Polri," ujarnya.

Pembekalan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan pemilu di tingkat kecamatan Tahun 2024, dalam rangka untuk mensukseskan Pilkada dan pengawasan terhadap pelanggaran Pilkada, berjalan dengan lancar dan sesuai peraturan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Serta Pembekalan Anggota Panwaslu Kecamatan Pada Pemilihan Tahun 2024

Trending Now