Pagelaran Wayang Thengul Menarik Minat Wisatawan Untuk Datang Melihat

Admin JSN
23 Mei 2024 | 18.23 WIB Last Updated 2024-05-23T23:59:46Z

Pagelaran Wayang Thengul Menarik Minat Wisatawan Untuk Datang Melihat

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Wayang Thengul adalah salah satu jenis pertunjukan wayang kulit yang berasal dari Jawa Timur, Indonesia. Wayang Thengul memiliki ciri khas dalam bentuk topeng yang digunakan oleh para dalang (Pemain wayang). Topeng tersebut memiliki ciri khas sendiri, yakni menyerupai muka burung, dengan paruh yang panjang dan melekngkung. Nama “Thengul” sendiri berasalah dari bahasa Jawa yang berarti “burung elang”. Pertunjukan Wayang Thengul dipimpin oleh seorang dalang, yang merupakan tokoh sentral dalam pertunjukan wayang. Dalang bertanggung jawab atas memainkan peran semua karakter, memainkan alat music, menyampikan dialog, dan mengarahkan jalanya cerita.

 Sejarah dari wayang Thengul sendiri beraslaah dari wilayah Jawa Timur, khususnya daerah-daerah seperti Surabaya, Jombang, Bojonegoro. Awalnya, Wayang Thengul merupakan bagian dari tradisi pewayangan yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Pertunjukan wayang ini sering kali digelar dalam rangka upacara adat, perayaan keagamaan, atau acara penting lainya. Dalang Wayang Thengul didampingi oleh sekelompok musisi yang memainkan alat music tradisional Jawa, sperti gamelan. Alat musik ini memberikan nuansa yang khas dan medukung jalanya pertunjukan.

Seperti halnya pertunjukan wayang lainya, Wayang Thengul juga mengangkat cerita-cerita epic dan mitologi Jawa, seperti Ramayana, Mahabharata, atau cerita-cerita lokal yang diadaptasikan ke dalam konteks wayang. Pertunjukan Wayang Thengul tidak hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana penyampaian nilai-nilai budaya, moral, dan agama kepada masyarakat. Meskipun tidak sepopuler Wayang Kulit jawa Tengah atau Wayang Golek Sunda, Wayang Thengul tetap mempertahankan keberadaanya sebagai bagian dari kekayaan budaya Jawa Timur. Dalam beberapa tahun terakhir, upaya pelestarian dan revitalisasi budaya telah dilakukan untuk memastikan agar tradisi Wayang Thengul terus dilestarikan dan dapat dinikmati oleh generasi masa depan.  

Pertunjukan ini dapat menarik daya tarik wisatawan untuk datang, karena Wayang Thengul merupakan kesenian khas dari Kampung Thengul. Jika Wayang Thengul ini terus dikembangkan ke daerah-daerah lain, maka semakin banyak yang mengetahui bahwa Wayang Thengul memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini juga dapat memberikan peluang bagi wisatawan untuk lebih memahami keragaman budaya Indonesia. Kami mahasiswa UPN Veteran Jawa TImur dapat berkesempatan hadir untuk melihat pagelaran Wayang Thengul, melihat secara langsung pagelaran  Wayang Thengul.



https://www.upnjatim.ac.id

https://lppm.upnjatim.ac.id

https://pariwisata.upnjatim.ac.id

https://ppmb.upnjatim.ac.id/fakultas/fisip/


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pagelaran Wayang Thengul Menarik Minat Wisatawan Untuk Datang Melihat

Trending Now