Kontribusi Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur dalam Pembuatan Video ADWI 2024 Di Desa Wisata Pandanrejo

Admin JSN
08 Mei 2024 | 04.55 WIB Last Updated 2024-05-07T21:58:41Z

 

Kontribusi Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur dalam Pembuatan Video ADWI 2024 Di Desa Wisata Pandanrejo

BATU | JATIMSATUNEWS.COM: Pada Senin, 18 Maret hingga Selasa, 19 Maret 2024, Dinas Pariwisata Batu melakukan pembuatan video profil Desa Wisata Pandanrejo, Kec Bumiaji, Batu. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Keikutsertaan mahasiswa bina desa UPN Veteran Jawa Timur sebagai talent dalam pembuatan video tersebut mampu menambah pengalaman dan wawasan mahasiswa mengenai program Menteri Pariwisata yaitu Anugrah Desa Wisata Indonesia

Menggabungkan unsur-unsur budaya, keindahan alam, serta kegiatan masyarakat lokal. Video ADWI 2024 di Desa Wisata Pandanrejo menjanjikan penonton sebuah pengalaman visual yang memukau. Pengambilan video dilakukan di beberapa tempat mulai dari Kantor Kepala Desa Pandanrejo, Homestay Pondok Labu, Kesenian lokal, beberapa daya tarik wisata seperti Kaliwatu, Lumbung Strawberry, Coban Lanang, dan kuliner disekitar wilayah tersebut.

Proyek ini melibatkan berbagai elemen masyarakat desa, termasuk pelaku wisata, seniman lokal, pemuda-pemudi, dan tokoh-tokoh masyarakat. Salah satu fokus utama dari video profil Desa Wisata Pandanrejo ini adalah memperkenalkan keindahan alam dan kearifan lokal yang dimiliki Desa Wisata Pandanrejo. 

Video profil desa ini juga berfungsi sebagai alat promosi pariwisata yang efektif dengan memperkenalkan berbagai daya tarik wisata yang ada di Desa Pandanrejo. Mulai dari keindahan alam, daya tarik wisata hingga keunikan homestay yang masih tradisional, setiap adegan diarahkan untuk menyoroti keindahan yang dimiliki desa ini.

Meskipun mengutamakan nilai-nilai tradisional, pembuatan Video juga tidak meninggalkan perkembangan teknologi terkini. Penggunaan teknologi dalam produksi video ini memastikan kualitas visual yang mengagumkan, sehingga mampu menarik perhatian target audiens yang lebih luas. Selain itu disetiap daya tarik wisata sudah menyediakan berbagai pilihan transaksi yang memudahkan wisatawan seperti Barcode Qris.

Lebih dari sekadar proyek promosi, pembuatan Video Adwi juga merupakan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan meningkatnya minat wisatawan yang dihasilkan dari promosi ini, diharapkan akan membuka peluang baru bagi masyarakat desa untuk mengembangkan usaha pariwisata dengan kearifan lokalnya.

Pembuatan Video ADWI 2024 di Desa Wisata Pandanrejo merupakan langkah yang sangat positif dalam memperkenalkan pesona budaya dan keindahan alam Indonesia kepada dunia. Melalui kolaborasi masyarakat lokal, teknologi modern, dan fokus pada pemberdayaan ekonomi, proyek ini tidak hanya menjadi sarana promosi wisata, tetapi juga sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal. Diharapkan, keberhasilan proyek ini akan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di seluruh Indonesia untuk menggali potensi wisata dan budaya mereka sendiri.


https://www.upnjatim.ac.id/https://www.upnjatim.ac.id/

https://lppm.upnjatim.ac.id/https://lppm.upnjatim.ac.id/

https://fisip.upnjatim.ac.id/ https://fisip.upnjatim.ac.id/

https://pariwisata.upnjatim.ac.id/https://pariwisata.upnjatim.ac.id/


Penulis : 

Ayyasa Kurnia E.P

Hardian M. Akbar

Revani Fatma Vira Pratama

Rohaida Fadzila Fitriani

Princes Arsaredima Fahlevi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kontribusi Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur dalam Pembuatan Video ADWI 2024 Di Desa Wisata Pandanrejo

Trending Now