Lentera of Education: Edukasi Pemberdayaan Perempuan dan Partisipasi Hak Anak

Eko Rudianto
03 April 2024 | 21.15 WIB Last Updated 2024-04-03T14:16:36Z

Foto: Tim Magang MBKM UM DP3A Kabupaten Malang
MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Tim Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Negeri Malang (MBKM UM) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang, Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menggalakkan program Lentera of Education. Dengan beranggotakan Nabila Helmalia, Khuril Aini, Oktavia Eka Wulandari, Eka Regita, Rahma Widya Sari, dan Shofi Nur Jannah yang di bimbing oleh Ica Purnamasari selaku Dosen Pembimbing dan Wenny Wijayanti selaku Pembimbing Lapangan.

Lentera of Education merupakan program kerja yang dibentuk untuk memberikan pencerahan dan memberikan edukasi kepada para masyarakat terutama dalam pemberdayaan perempuan dan partisipasi hak anak di lingkungan sekitar.

Program Lentera of Education telah menyelenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya Parenting Of Education, Bimbingan Kawin (Bimwin), Pemenuhan Hak Anak (lomba kaligrafi), Haflah PAUD dan TPQ Asy-Syadzili. Kegiatan Program Lentera of Education ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam aspek Pendidikan dan Non Pendidikan.

Foto: Tim Magang MBKM UM DP3A Kabupaten Malang

Kegiatan pertama adalah Parenting of Education yang dilakukan pada Jumat, 9 Februari 2024, bertempat di PAUD Asy-Syadzili. Parenting of Education berisi edukasi terkait parenting dan pemaparan materi oleh Maziyyatus Sholihah, trainer parenting edukasi. Kegiatan ini melibatkan santri dan wali santri TPQ Asy-Syadzili.

Foto: Tim Magang MBKM UM DP3A Kabupaten Malang


Kedua, terdapat kegiatan Bimbingan Kawin (Bimwin) pada Sabtu, 24 Februari 2024 bertempat di Pondok Pesantren Al-Jazila. Kegiatan ini berisi pemaparan materi terkait bimbingan kawin oleh Ahmad Jufri selaku ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Jazulia yang melibatkan santri pondok.

Foto: Tim Magang MBKM UM DP3A Kabupaten Malang


Pada Sabtu, 7 Maret 2024 dilaksanakan kegiatan pemenuhan hak anak berupa lomba kaligrafi yang bertempat di TPQ  Asy-Syadzili. Kegiatan lomba kaligrafi dimeriahkan oleh santri dan santriwati RPQ Asy-Syadzili.

Foto: Tim Magang MBKM UM DP3A Kabupaten Malang

Kegiatan terakhir yang dimana merupakan puncak dari program Lentera of Education adalah Haflah PAUD dan TPQ Asy-Syadzili yang diselenggarakan pada Sabtu, 9 Maret 2024 bertempat di Yayasan Jazulia. Haflah PAUD dan TPQ Asy-Syadzili dimeriahkan dengan adanya beberapa kegiatan didalamnya, seperti pawai, drum band, penampilan bakat santri dan santriwati (karate dan psht), tari kreasi, baca kitab tiga bahasa, banjari, pildacil, dan wisuda khatam 30 juz dan jilid 1-6.

Program tersebut tentunya mendapat beberapa respon, baik dari pihak yayasan maupun wali santri. Pihak yayasan merasa terbantu dengan adanya Tim Magang MBKM UM DP3A karena program yang dilaksanakan.

“Alhamdulillah dengan adanya ini sangat membantu kami, karena terus terang tenaga yang ada disini terbatas. Jadi dengan adanya kalian kami jadi lebih mudah untuk mengadakan kegiatan,” ungkap Khusmiarini, selaku pihak dari Yayasan Jazulia.

“Alhamdulillah sangat puas juga, karena menjadi ada variasi kegiatan untuk anak-anak. Jadi nggak monoton yang diadakan guru yang ada disini, ada kegiatan-kegiatan lain,” imbuhnya.

Selain itu juga ada respon dari wali murid yang merasa kegiatan ini memiliki dampak positif, salah satunya mengurangi anak dalam bermain gadget.

“Menurut saya kegiatannya positif agar mengurangi anak untuk bermain gadget,” ucap wali santri dari santri Aza.

Antusiasme peserta pun turut andil di dalamnya. Hal tersebut dibuktikan dengan tanggapan mereka terhadap kegiatan ini.

“Kegiatannya seru dan kreatif,” ungkap Rara.

Kepuasan dari adanya kegiatan ini juga turut dirasakan. Peserta merasa puas dan berharap agar kegiatan semacam ini bakal diadakan lagi nantinya.

“Saya puas, bisa juga kegiatannya ditambah lagi, dan diadakan juga lagi tahun depan,” ucap Melisa.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadikan wawasan lebih melek lagi, baik untuk santri dan orang tua. Tentunya harapannya kegiatannya lebih baik kedepannya dan terus berkembang.

“Saya harap kegiatan mahasiswa ini bisa dikembangkan di yayasan yang lain. Bisa dilaksanakan tiap tahun yang dimana bisa memenuhi kebutuhan anak, bisa dengan lomba-lomba yang lain juga,” tandas wali murid.



Penulis:

Tim Magang MBKM UM DP3A Kabupaten Malang

Nabila Helmalia

Khuril Aini

Oktavia Eka Wulandari

Eka Regita

Rahma Widya Sari

Shofi Nur Jannah


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lentera of Education: Edukasi Pemberdayaan Perempuan dan Partisipasi Hak Anak

Trending Now