Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024, STIKes Kepanjen Siap untuk Selamat

Eko Rudianto
27 April 2024 | 01.09 WIB Last Updated 2024-04-27T09:46:54Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Hari kesiapsiagaan bencana (HKB) di peringati setiap tahun pada tanggal 26 april karena merujuk pada tanggal terbitnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

"Hari kesiapsiagaan bencana (HKB) yang di gelar tidak hanya untuk masyarakat saja tapi juga para pemuda sebagai tonggak kesadaran akan kewaspadaan terhadap bencana, karena indonesia sendiri merupakan market dari bencana mulai dari bencana kecil hingga bencana besar, maka dari itu kita sebagai mahasiswa wajib berbekal diri untuk mewaspadai. " ujar ketua stikes kepanjen pada sambutan apel peringatan hari kesiapsiagaan bencana (HKB) Ns., Tri Nurhudi Sasono,. S.kep., M.kep. 

Jumat 26 April 2024 sebanyak 200 lebih partisipan yang hadir dalam apel peringatan hari kesiapsiagaan bencana (HKB) mulai dari mahasiswa/i stikes kepanjen, hadir juga personil dari mahasiswa siaga bencana (MAGANA) Stikes kepanjen dan juga hadir siswa/i dari Smk Negeri 2 turen, Smk Madani Turen, semua antusias dalam pelaksanaan apel peringatan hari kesiapsiagaan bencana (HKB) Yang di gelar di halaman Stikes Kepanjen pada pukul 08:00-11:00 WIB. 

Adapun beberapa bentuk kegiatan dari apel tersebut yaitu dimulai dari senam bersama, pembukaan apel, sambutan oleh ketua stikes kepanjen, dilanjut materi sejarah Hari kesiapsiagaan bencana (HKB) yang disampaikan oleh ketua BPBD Kabupaten Malang, Sambutan ketua DPD PPNI Kabupaten Malang dengan tema "peran perawat dalam penanggulangan bencana", sosialisasi dan simulasi pemadam api ringan yang di pandu oleh tim dari muhammadiyah disaster management center (MDMC), dilanjut acara terakhir sekaligus penutup pada kegiatan apel Hari Kesiapsiagaan bencana (HKB) yaitu parade sirine mobil siaga bencana.

Pada apel pagi yang di gelar di halaman Stikes Kepanjen ketua BPBD Kabupaten Malang atau yang mewakili memberikan sambutan singkat dan beberapa materi tentang unsur pentahelix, "Pentahelix merupakan perluasan dari strategi triple helix dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat maupun lembaga-lembaga non profit dalam rangka mewujudkan inovasi, unsur pentahelix ada 5 meliputi pemerintahan, akademisi, komunitas pengusaha dan media, Sinergi antar berbagai sektor seperti perguruan tinggi, dunia industri, pemerintah, masyarakat, media diharapkan dapat saling mengisi agar bangsa ini bisa lebih maju" ujar Bapak Yulius Dharmawan, S.AP. Penata penanggulangan bencana ahli muda BPBD Kabupaten Malang. 

Harapan dari terselenggarakannya kegiatan apel peringatan hari kesiapsiagaan bencana (HKB) tersebut adalah sebagai bekal untuk selalu waspada dalam menghadapi bencana yang ada di sekitar. Waspada boleh, panik jangan, Bekali diri kita dengan keberanian, bekali Mereka dengan pengetahuan.

Stikes kepanjen 

Stikes keren

Salam tangguh

Salam kemanusiaan


Penulis

Irfan Ibnu Shina



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024, STIKes Kepanjen Siap untuk Selamat

Trending Now