LPKAN Sidoarjo Apresiasi Gabungan Bea Cukai Berhasil Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal di Exil Tol Porong

20 Februari 2024 | 18.32 WIB Last Updated 2024-02-20T11:33:00Z




SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM - Sinergi penindakan terhadap peredaran rokok ilegal kembali dilakukan oleh gabungan Bea Cukai, Dari penindakan kali ini, petugas gabungan berhasil menggagalkan upaya peredaran rokok bodong non cukai ( rokok ilegal ) kurang lebih 200 karton dengan merk OKE BOLD pada Sabtu (10 Februari 2024)

Dengan ditangkapnya sopir truk yang membawa muatan karton rokok ilegal tersebut Bea Cukai langsung menggelandang sopir ke pabrik pembuat rokok tersebut. 

Langkah cepat Bea Cukai gabungan mendatangi gudang rokok tersebut, setelah tiba dilokasi petugas langsung menyegel dan mengeledah pabrik tersebut, Dalam penindakan yang dilakukan gabungan Bea Cukai Sidoarjo Bea Cukai Jatim dan Bea Cukai pusat.



Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh di dalam gudang di Desa Sentul Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, petugas berhasil mengeledah ratusan karton di dalam pabrik dan ditemukan tidak bercukai sejumlah 300 karton. Rokok Ilegal tersebut diketahui dikerjakan oleh PT PUTRA JAYA  HS.

Hasil penindakan ini diduga melanggar Pasal 50 Undang Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 . Atas barang bukti hasil penindakan ini diamankan ke kantor Bea Cukai Kanwil Jatim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh unit penyidikan Bea Cukai Kanwil Jatim 

Hal tersebut langsung diapresiasi oleh Ketua lembaga pengawas kinerja aparatur negara (LPKAN) Kabupaten sidoarjo, LPKAN Kabupaten Sidoarjo, meminta hal tersebut betul-betul ditindak sesuai aturan yg berlaku dan akan menjadi atensi LPKAN Kabupaten Sidoarjo untuk lebih memberikan efek jera terhadap pabrik-pabrik rokok Ilegal.

"Untuk selanjutnya LPKAN Kabupaten Sidoarjo berkoordinasi dengan Dirjen Bea cukai Indonesia dengan mengirim surat resmi baik ke Dirjen Pusat Bea cukai Indonesia, juga memberi tembusan kepada Kanwil Bea cukai Jatim serta Bea cukai Kabupaten Sidoarjo," pungkas Sekretaris LPKAN Kabupaten Sidoarjo H.YUSUF SUGIYANTO SH MH,.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LPKAN Sidoarjo Apresiasi Gabungan Bea Cukai Berhasil Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal di Exil Tol Porong

Trending Now