Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan APE

Eko Rudianto
08 Desember 2023 | 10.31 WIB Last Updated 2023-12-08T03:33:57Z

APE Kreativitas pembelajaran yang menyenangkan bagi KB Golden Kids 2

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Menjadi momen berharga bagi KB Golden Kids 2 Dusun Lebaksari, yang menjadi saksi terlaksananya sosialisasi dan pelatihan pembuatan APE (Alat Permainan Edukasi). Acara ini diinisiasi oleh kelompok KKN mahasiswa kelompok 14 Dusun Lebaksari, Desa Kepatihan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

​Dalam hal ini mahasiswa KKN menjadi pemateri. Mereka memberikan materi tentang langkah-langkah membuat  kreativitas APE seperti Jam Pintar dan lain-lain. APE tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat anak-anak belajar dengan metode bermain. Sasaran pelatihan pembuatan APE ini merupakan wali murid untuk melatih kreativitas mereka agar bisa membuat pembelajaran edukasi sendiri di rumah tanpa mengandalkan permainan di sekolahan.(6/12)

​“Pelatihan pembuatan APE sangat dibutuhkan di lembaga ini karena minimnya permainan di lembaga tersebut sekaligus memanfaatkan barang bekas di sekitar dan menjadi nilai plus dalam kebersihan lingkungan” ujar Anis Nuria salah satu mahasiswa KKN Al-Qolam.

​Sesi pelatihan berlangsung dengan penuh semangat dan hasilnya dapat dilihat dari beragam APE yang dihasilkan oleh para wali murid. Dari puzzle bertema pendidikan, permainan papan, hingga media pembelajaran interaktif. Setiap kelompok berhasil menciptakan APE yang unik dan sesuai dengan karakteristik anak-anak.

​Harapan kedepan yang diinginkan adalah agar APE yang telah dibuat dapat menjadi sarana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif bagi anak-anak KB. Selain itu, diharapkan sosialisasi ini dapat menjadi pemicu untuk pembentukan komunitas yang lebih kreatif dalam mengembangkan pendidikan anak di dusun Lebaksari.

​“ Ternyata kegiatan pelatihan seperti ini dapat memancing kreativitas wali murid dan sangat bermanfaat bagi lembaga kami dari segi ekonomi serta memudahkan kami dalam memberikan pembelajaran anak-anak. Harapan kami dari pelatihan ini semoga kedepannya anak-anak disini semakin semangat belajar karena permainan yang baru dan menarik.” Kata salah satu guru KB Golden Kids 2, Sulis Prihatin Wiji Rahayu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan APE

Trending Now