POSYANDU LANSIA DAN BALITA DUSUN ARJOMULYO, DESA BANGELAN, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN MALANG

Eko Rudianto
11 Desember 2023 | 21.19 WIB Last Updated 2023-12-11T14:20:28Z
MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Negeri Malang dalam rangka membantu SDGs desa (Suistanable Development Goals) melakukan pendampingan posyandu di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Kegiatan posyandu tersebut dilakukan pada pukul 09.00-12.00 WIB yang turut dihadiri oleh kader posyandu, dokter kecamatan, dan bidan kecamatan. Selama kegiatan pendampingan mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Malang berkolaborasi dengan bidan, kader, dan dokter Desa Bangelan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada bayi dan lansia.

​Kegiatan kolaborasi pelayanan diikuti oleh 15 mahasiswa KKN-T UM yang mendampingi ibu-ibu kader posyandu dalam pendataan balita dan lansia, membantu mengukur tinggi badan, berat badan, kepala, dan lengan balita, serta melakukan senam sehat bagi lansia. Sementara itu jumlah balita yang mengikuti kegatan posyandu mencapai 80 anak dan 70 lansia. Pada kesempatan kali ini mahasiswa KKN-T UM berkesempatan berkolaborasi dengan salah satu dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan dalam memberikan penyuluhan terkait bahaya stunting dan obesitas pada bayi dibawah satu tahun dan balita yang diikuti oleh seluruh peserta posyandu balita.

Pada kesempatan yang sama pula mahasiswa KKN-T UM melakukan pendampingan Posyandu lansia dengan memberikan pelatihan senam untuk mencegah terjadinya penyakit stroke dini pada lansia yang diikuti oleh 70 lansia peserta Posyandu serta PMT (Pemberian Makanan Tambahan) pada lansia berupa susu. Kegiatan kolaborasi tersebut dilakukan oleh mahasiswa KKN-T UM untuk mendukug program pembangunan yang berkelanjutan atau Suistanable Development Goals (SDGs) yang diangkat sebagai tema KKN-T Universitas Negeri Malang pada tahun ini. Tema tersebut bertujuan untuk mewujudkan desa yang peduli akan gizi anak serta mendukung akan Kesehatan masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • POSYANDU LANSIA DAN BALITA DUSUN ARJOMULYO, DESA BANGELAN, KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN MALANG

Trending Now