Perluas Jaringan Usaha: Sosialisasi Dan Pendaftaran E-peken UMKM Kelurahan Gunung Anyar

Admin JSN
15 Desember 2023 | 13.13 WIB Last Updated 2023-12-15T06:13:27Z


SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: Peningkatan omset dalam sebuah usaha merupakan hal yang sangat penting. Peningkatan omset dalam berusaha secara tidak langsung akan dapat meningkatkan perekonomian para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian pada suatu usaha seperti melakukan penjualan sistem online yang pada zaman sekarang banyak dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia.

Melihat semakin luasnya jaringan penjualan online di era modern seperti sekarang ini, membuat Walikota Surabaya, Eri Cahyadi membuat terobosan baru dengan meluncurkan program E-Peken yang merupakan sebuah e-commerce seperti Shopee, Grab, Gojek untuk memasarkan usaha para pelaku UMKM Kota Surabaya. Jaringan usaha yang dipasarkan oleh E-Peken yang telah diluncurkan oleh Walikota Surabaya hanya diperuntukkan untuk UMKM dan warga yang ber-KTP Kota Surabaya saja.

Tujuan peluncuran E-Peken adalah untuk semakin menyejahterakan UMKM di Kota Surabaya. Tidak hanya itu, program E-Peken juga memiliki keunggulan yaitu para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Surabaya pada setiap bulannya diwajibkan untuk membeli produk dalam E-Peken dengan nominal yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga akan semakin membukakan peluang peningkatan omset serta penjualan para UMKM Kota Surabaya.

Terkait dengan adanya program E-Peken yang telah dicetuskan oleh Walikota Surabaya, pada hari Kamis, 9 November 2023 kelompok Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur bersama Dosen Pembimbing Lapangan Ira Wikartika, S.E., M.M. mengadakan sosialisasi E-Peken dengan mendatangkan narasumber secara langsung dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya untuk memberi pengetahuan, pemahaman, serta manfaat yang dihasilkan E-Peken kepada para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kelurahan Gunung Anyar.

Pada sebelumnya, kelompok Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur telah mendatangi rumah-rumah warga pada Kelurahan Gunung Anyar untuk membuatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pengisian formulir pembuatan rekening baru Bank Jatim yang merupakan syarat yang harus dimiliki UMKM untuk dapat mendaftarkan usahanya pada platform E-Peken. Sosialisasi E-Peken yang dilakukan pada Kantor Kecamatan dan Kelurahan Gunung Anyar lantai 3 berlangsung interaktif dengan antusiasme para UMKM yang hadir pada acara sosialisasi.

Beberapa hari setelah adanya kegiatan sosialisasi E-Peken yang diadakan oleh kelompok Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur pada Kantor Kecamatan dan Kelurahan Gunung Anyar lantai 3, kami terjun secara langsung kembali ke rumah warga untuk mendaftarkan usaha UMKM pada E-Peken. Dengan terdaftarnya usaha para UMKM ke platform E-Peken diharapkan akan dapat memperluas jaringan usaha serta perekonomian warga dengan kenaikan omset yang didapatkan.
Makinun amin- Tengku Sandi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perluas Jaringan Usaha: Sosialisasi Dan Pendaftaran E-peken UMKM Kelurahan Gunung Anyar

Trending Now