Pembelajaran Matematika Berbasis Al-Qur'an: Transformasi Pendidikan Santri Pondok Pesantren di Indonesia

Admin JSN
14 Desember 2023 | 15.20 WIB Last Updated 2023-12-14T08:20:25Z

PEKALONGAN | JATIMSATUNEWS.ÇOM:
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang Presentasikan Hasil Penelitian Pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SANDIKA V) Tahun 2023. Jurusan Pendidikan Matematika Unisma-Mahasiswa mempresentasikan artikel di Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SANDIKA V) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Pekalongan pada 6 Desember 2023. Presentasi dilakukan dengan membagi beberapa peserta untuk memasuki Room Paralel yang sudah disediakan. 

Session Room 4 Paralel yang terdiri atas Faizzatul Maulidiyah, Salma Aniqotizzahro, Sa'diyatul Abadiyah, dan Abdul Halim Fathani S.Si., M.Pd dengan Reviewer Bapak Nur Baiti Nasution, M.Pd memaparkan hasil penelitiannya dengan penuh semangat. Setiap anggota tim diberikan waktu selama 10 menit untuk menyampaikan artikel hasil penelitiannya. 

Kemudian Judul artikel yang dipresentasikan dalam seminar nasional tersebut adalah Pembelajaran Matematika Berbasis Islami Bagi Santri Pondok Pesantren. Setelah itu, masing-masing peserta mempresentasikan hasil penelitiannya di Room yang sudah disediakan dengan didampingi oleh reviewer. Setiap session room terdiri atas 7-8 tim. Lalu, pada saat sesi tanya jawab peserta SANDIKA V 2023 sangat aktif dan antusias. Pertanyaan yang diajukan pun sangat menarik. Sehingga pemakalah dan peserta saling memberikan pendapat dan mendapatkan feedback yang baik. 
 
Adapun untuk penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Malang adalah pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Sehingga sasaran penelitian ini adalah santri yang menempuh pendidikan formal di pondok pesantren. Lalu, untuk hasil penelitian yang diseminarkan diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran santri dalam kegiatan belajar setiap harinya. Selain itu, pembelajaran matematika santri dapat tersebar luas di kalangan masyarakat, terutama para guru dan pelajar di seluruh Indonesia. 

Selanjutnya untuk revisi artikel akan dikirimkan pada tanggal 13 Desember 2023 untuk dipublikasikan pada Jurnal …… SANDIKA V 2023. Mahasiswa Universitas Islam Malang sangat menerima kritik dan saran demi terwujudnya sebuah artikel ilmiah yang bermutu dan berkualitas. Setelah itu, proses seminar nasional berjalan dengan lancar. Para peserta terlihat senang saat mempresentasikan hasil penelitianya. Begitu pula dengan peserta yang lain takjub akan penelitian yang beragam. Semoga penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa dapat membawa kemaslahatan baik dimasa kini maupun dimasa yang akan datang.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembelajaran Matematika Berbasis Al-Qur'an: Transformasi Pendidikan Santri Pondok Pesantren di Indonesia

Trending Now