Mulai Usaha dengan 100 Bibit Bunga Telang! Mahasiswa Bina Desa UPNVJT Menanam bersama Warga Gunung Anyar

Admin JSN
15 Desember 2023 | 11.21 WIB Last Updated 2023-12-15T06:47:47Z
Foto: Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur bersama Bapak dan Ibu Ketua RW 01 Kelurahan Gunung Anyar.
 
SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur menyumbangkan 100 bibit bunga telang kepada warga RW 01 kelurahan Gunung Anyar dan menanamnya bersama Ketua RW 01, istri beliau, dan masyarakat setempat pada Rabu, 13 September 2023.

Sumbangan ini diberikan sebagai salah satu kontribusi Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur kepada warga RW 01 yang akan mengikuti lomba Kampung Surabaya Sehat 2023. Dikutip dari situs resmi Kampung Surabaya Hebat, Kampung Surabaya Sehat merupakan progam yang diluncurkan Pemerintah Kota Surabaya. Lomba ini sebenarnya merupakan gabungan antara kompetisi berbasis lingkungan, Surabaya Green and Clean (SGC) dan Merdeka dari Sampah (MDS).

Berawal dari keinginan Bapak Bambang Widjanarko selaku Ketua RW 01, dari awal
kunjungan Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur di RW 01 yang didampingi oleh Ira Wikartika, S.E., M.M, selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Beliau mengatakan ingin mengangkat bunga telang sebagai ikon dari RW 01 Kelurahan Gunung Anyar.

“Saya itu mau jadikan bunga telang ini jadi produk khas RW 01, dari bunga ini kan bisa kita bikin jadi teh bunga telang, bahan pewarna minum, makanan, atau baju, nah kebetulan saya udah punya kebun telang, niatnya saya mau bagikan bunga telang ke masing-masing warga, biar bisa sekalian jadi sumber untuk buka usaha, jadi bisa meningkatkan UMKM di RW sini juga,” ungkapnya.

Dari ungkapan Bapak Bambang Widjanarko, Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur mengusulkan untuk menanam 100 bibit bunga telang bersama warga RW 01 dan membagikannya kepada masyarakat setempat. Setelah kunjungan tersebut mahasiswa segera memesan 100 bibit bunga telang dan menyiapkan kebutuhan warga RW 01 untuk rencana tersebut.

Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur juga membantu para pelaku UMKM di RW 01 terutama yang ingin mengembangkan produk dari bunga telang dengan melakukan pembimbingan pengembangan usaha, dari perencanaan produk, pembuatan logo, sampai pembuatan dan perencanaan produk.

Penanaman 100 bibit bunga telang yang telah ditanam di RW 01 Kelurahan Gunung Anyar diharapkan dapat menjadi langkah awal meningkatkan potensi UMKM di Kelurahan Gunung Anyar dan memotivasi warga untuk terus menggali potensinya dalam berusaha. Makinun amin-Shadrina Prameswari
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mulai Usaha dengan 100 Bibit Bunga Telang! Mahasiswa Bina Desa UPNVJT Menanam bersama Warga Gunung Anyar

Trending Now