MAHASISWA PLS UM MELAKSANAKAN KEGIATAN LITERASI MEMBACA DI PKBM FANANA INSAN BAKSYA

Eko Rudianto
15 Desember 2023 | 17.43 WIB Last Updated 2023-12-15T10:43:37Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Era sekarang ini pendidikan merupakan salah hal yang sangat penting bagi masyarakat. Pendidikan merupakan tempat dimana masyarakat menurut ilmu. Pendidikan sendiri dapat dilakukan dengan lembaga formal maupun nonformal. Salah satunya lembaga nonformal ialah Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). 

PKBM Fanan Insan Baksya merupakan salah satu PKBM di Kota Malang yang berada di Perum Joyogreen Regency blok A1, C12-13. PKBM Fanana Insan Baksya sudah terakreditasi A dengan berbagai program seperti paket A, B, C, program life skill, dan lain-lain. 

Materi pembelajaran yang disampaikan oleh kami ini mengusung tema “Literasi”. Kami berkolaborasi dengan para pendidik yang ada di PKBM FIB untuk mengkoordinir peserta didik program paket A. Mereka kami beri buku untuk menjadi bahan bacaan serta kami dampingi. Buku tersebut bervariasi akan tetapi peserta didik memilih buku bacaan yang memiliki gambar dan cukup berwarna. Situasi dalam pembelajaran tersebut cukup ekspresif dengan peserta didik yang sering bertanya kepada kami. Pada saat kami bertanya, mereka aktif dalam menjawab dengan ceria begitu juga ketika kami meminta mereka untuk menceritakan kembali kisah yang ada dalam buku bacaan dengan excitednya mereka mau bercerita. Peserta didik paket A ini termasuk mudah akrab dengan orang lain.

Menurut Maria, salah satu mahasiswi penyelenggara, kegiatan ini selain untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Simulasi Pembelajaran, juga sebagai bentuk partisipasi kami sebagai mahasiswa dalam melestarikan budaya literasi membaca pada paket A.

Literasi membaca memiliki banyak manfaat penting bagi perkembangan anak-anak. Seperti, membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan bahasa mereka, termasuk kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Melibatkan anak-anak dalam membaca membantu meningkatkan konsentrasi mereka dan memori jangka pendek. 

Kegiatan literasi membaca ini dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 09.00 WIB, berlangsung selama 60 menit. Kegiatan literasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat minat baca peserta didik.

 

Dosen Pengampu Mata Kuliah Simulasi Belajar

Dr. Endang Sri Redjeki, M.S.

 

Nama penulis dan kelompok 2

● Alvia Zona Budiarti ​​(210141601275)

● Aurora Sukma Rahmadhani​(210141601247)

● Duhita Laksmi Mahandani​(210141601298)

● Maria Ulfa​​​(210141601305)

● Michael Steven Kristanto​(210141601267)

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MAHASISWA PLS UM MELAKSANAKAN KEGIATAN LITERASI MEMBACA DI PKBM FANANA INSAN BAKSYA

Trending Now