Inovasi Produk Olahan Biji Kopi Menjadi Selai Kopi dengan Susu Segar Hasil Perahan Asli Desa Kalipucang

Admin JSN
30 November 2023 | 16.51 WIB Last Updated 2023-11-30T09:52:02Z


Inovasi Produk Olahan Biji Kopi Menjadi Selai Kopi dengan Susu Segar Hasil Perahan Asli Desa Kalipucang

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Desa Kalipucang, Pasuruan (11/09/2023) - Mahasiswa Bina Desa UPNVJT telah bertemu dengan salah satu pengelola UMKM Komoditas Kopi yang ada di Desa Kalipucang bernama Bapak Iswanto. Produk pak iswanto yaitu kopi bubuk / biji kopi arabika dan robusta ini sudah cukup populer bagi masyarakat desa dan juga wilayah Surabaya – Malang. Pak Iswanto belum memperluas produk olahan lainnya. Padahal, Biji kopi sebenarnya memiliki banyak potensi untuk diolah menjadi produk yang dapat dikonsumsi, seperti selai kopi. 

Selai dari biji kopi ini kami namakan Se-Coffee. Selai ini dapat dioleskan pada roti tawar untuk dijadikan sarapan pagi dengan segelas kopi hitam, bekal untuk kerja atau sekolah, disajikan ketika adanya tamu yang datang ke rumah ataupun dijadikan cemilan pengganjal perut. Bahan pembuatan selai kopi juga cukup sederhana yaitu susu kental manis, bubuk kopi robusta, baking powder, tepung terigu, margarin, gula, dan sedikit vanili. 

Susu kental manis kami buat sendiri dari hasil ternak susu perah yang ada di Desa Kalipucang. Kami mengambil susu dari sapi perah Bu Eko yang bertampat tinggal di Dusun Kuntul Utara. Susu perah itu kemudian kami olah sehingga dapat dikonsumsi. Setelah menjadi susu yang siap dikonsumsi, kami tambahkan gula dan baking powder kemudian diaduk hingga mengental seperti susu kental manis. Untuk pembuatan selai kopi bubuk kopi dilarutan dengan air panas kemudian disaring dari ampasnya kemudian dicampurkan margarin cair, tepung terigu, dan sedikit vanili. Diaduk hingga tercampur dengan api kecil.




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Produk Olahan Biji Kopi Menjadi Selai Kopi dengan Susu Segar Hasil Perahan Asli Desa Kalipucang

Trending Now