Sambut Tahun Politik, FPK Adakan Rakerda dan Seminar untuk Pemilu Damai

Admin JSN
20 Oktober 2023 | 20.08 WIB Last Updated 2023-10-20T14:14:05Z

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) mengadakan Rakerda dan Seminar dengan peserta pengurus dan Kesbangpol Se-Jawa Timur 2023 di Hotel Aria Centra Surabaya, Sabtu 21 Oktober 2023.

Mengusung tema  BERSAMA FPK, MENJAGA STABILITAS DAN BERSATU DALAM KEBHINNEKAAN UNTUK SUKSESNYA PEMILU DAMAI TAHUN 2024 DI JAWA TIMUR ketua FPK Jawa Timur menyebut sebagai persiapan menyambut tahun politik. 

"Tahun ini Rakerda dan Seminar berlangsung agak istimewa,  temanya mengajak pengurus dan masyarakat  mengikuti pemilu yang akan dilaksanakan. Karena FPK adalah bagian tak terpisahkan yang berperan dalam pemilu," tutur Ketua FPK Provinsi Jatim HM. Yousri Nur Raja Agam. 

Kegiatan dihadiri oleh Pengurus dan anggota FPK Provinsi, FPK Kabupaten atau Kota, Kepala Bakesbangpol Kabupaten atau Kota, berbagai elemen masyarakat, dan Organisasi Perangkat Daerah di Jawa Timur.

Dibuka dengan tari Pasambahan dari Minangkabau Sumatra Barat. Kepala Bakesbangpol, Ketua Bina Ideologi, dan Ketua FPK disambut penari dengan sejumput sirih, berkesempatan mengintip sebagai tanda salam pembauran dan persatuan.

Peran Pemerintah memperkuat peran FPK sebagaimana dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah akan dibawakan oleh  Drs. Drajat Wisnu Setyawan, M.M. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia; 

Acara ini juga membahas berbagai topik, seperti pembinaan dan fasilitasi Forum Pembauran Kebangsaan di Jawa Timur oleh Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, Eddy Supriyanto, serta integrasi masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia oleh Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring.

Selain itu, pembicaraan tentang pemberdayaan masyarakat dan peningkatan SDM melalui pembangunan ekonomi, budaya, adat istiadat dalam nilai-nilai kebhinnekaan juga menjadi topik utama dalam acara ini.

Dr. Freddy Poernomo direncanakan membahas peningkatan kinerja FPK melalui fasilitasi anggaran dalam pelestarian Bhinneka Tunggal Ika di Provinsi Jawa Timur. Sementara itu HM. Yousri Nur Raja Agam memberikan arahan tentang implementasi program FPK dalam kebhinnekaan dan kendalanya.

Dalam suasana hangat penuh kekeluargaan, kepala Bakesbangpol Eddy Supriyanto resmi membuka Rapat Kerja Daerah 2023. 

Menjadi momentum penting dalam menjaga stabilitas, persatuan, dan keberagaman dalam persiapan menuju Pemilu Damai Tahun 2024 di Jawa Timur, dengan FPK sebagai garda terdepan untuk mewujudkannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Tahun Politik, FPK Adakan Rakerda dan Seminar untuk Pemilu Damai

Trending Now