KKN-T UM 2023 Tanamkan Jiwa Saintis melalui Eksperimen Sederhana

Eko Rudianto
30 Oktober 2023 | 20.34 WIB Last Updated 2023-10-30T16:45:34Z



MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa KKN-T UM tahun 2023 mengadakan kegiatan eksperimen sederhana di SD Negeri 2 Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. "Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa saintis melalui eksperimen sederhana. Selain itu, kegiatan ini bertujuan mewujudkan program SGDs (Sustainable Development Goals) poin keempat tentang pendidikan bermutu, " Ujar Widelia Eta, selaku penanggungjawab program kerja. 

 

Eksperimen sains ini dilakukan oleh siswa-siswi kelas 4 dan 5. Terdapat 2 macam percobaan yang dilakukan, yakni pembuatan es krim putar dan juga pembuatan magnet. Siswa-siswi sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. 


 

Eksperimen pertama adalah percobaan  pembuatan es krim yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 4 SD Negeri 2 Bangelan. Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan sederhana mengenai perubahan wujud benda. Untuk alat dan bahan pada percobaan ink menggunakan baskom, kaleng, garam, es batu dan susu. Selanjutnya bahan-bahan yang ada dimasukkan kedalam wadah sesuai instruksi yang dijelaskan. Setelah es krim yang dibuat jadi, siswa-siswi kelas 4 sangat antusias untuk mencoba es krim hasil dari eksperimen ini. 


Eksperimen kedua adalah pembuatan magnet sederhana yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 5. Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan mengenai apa itu magnet, karakteristik magnet, dan juga sifat-sifat magnet. Alat dan bahan dari percobaan ini yaitu kabel tembaga, baterai ukuran D, paku besi, selotip. Timbulnya gejala kemagnetan pada klip kertas yang tertarik oleh paku merupakan salah satu contoh sifat magnet. 


Antusiasme siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD Negeri 2 Bangelan pada kegiatan ini sangat luar biasa. Mereka dapat melakukan eksperimen sederhana ini dengan tertib dan bersemangat. Melalui metode eksperimen ini, kami berharap pembelajaran akan menjadi lebih menarik karena siswa akan belajar dengan cara pengamatan dan percobaan secara langsung. Metode eksperimen juga dapat mengoptimalkan keaktifan siswa, karena siswa akan senantiasa bergerak aktif dalam proses pembelajaran ketika melakukan percobaan dalam metode eksperimen. 

 

Proses pembelajaran eksperimen disajikan dengan melakukan percobaan, mengumpulkan fakta dan informasi untuk menemukan penjelasan logis suatu materi pelajaran yang dapat memacu pengalaman dan keterampilan dalam melakukan eksperimen, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar IPA menjadi lebih baik.





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KKN-T UM 2023 Tanamkan Jiwa Saintis melalui Eksperimen Sederhana

Trending Now