Guruku Hebat, SNBP Ku Akurat

Admin JSN
21 Oktober 2023 | 15.13 WIB Last Updated 2023-10-21T08:13:37Z

ARTIKEL| JATIMSATUNEWS.COM: Bila kita mendengar kata SNBP, pastilah yang terlintas dalam benak kita adalah prestasi. Ya, memang benar. SNBP adalah seleksi nasional berdasarkan prestasi. Seleksi ini dilakukan oleh Universitas-Universitas negeri diseluruh Indonesia dengan cara menyeleksi berdasarkan nilai raport peserta didik dari semester satu sampai semester lima. Pelajaran-pelajaran yang di ampu oleh peserta didik haruslah memiliki nilai yang maksimal dan grade nilai diusahakan terus meningkat di tiap semester, meskipun nilai naik turun tidak menjadi masalah asalkan stabil.

Untuk pemeringkatan yang bisa mendaftar SNBP digunakan semua nilai mapel kecuali mulok dan ditambah dengan maple-mapel khusus yang mendukung prodi yang akan dipilih, misalnya peserta didik memilih kedokteran maka mapel yang harus unggul adalah Biologi dan Kimia. 

Peserta didik yang memilih Jurusan Teknik maka mapel yang unggul adalah Matematika dan Fisika.
SMAN 4 Malang menjadi salah satu sekolah yang sangat memperhatikan prestasi peserta didik untuk mengikuti seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa test. Guru-Guru BK menjadi promotor dan memiliki andil besar dalam keberhasilan seleksi. Mereka berusaha untuk memberikan informasi-informasi dan kiat-kiat yang jitu dalam mempersiapkan SNBP secara matang. Bimbingan demi bimbingan dilakukan dalam upaya meningkatkan semangat peserta didik dalam belajar sehingga nilai-nilai mereka dari semester ke semester diharapkan bisa ada peningkatan. 

Disamping guru-guru BK yang memberikan dorongan semangat, guru guru mata pelajaran pada masing-masing jurusan juga memberikan pelayanan yang sangat prima dan memuaskan dalam upaya mendongkrak nilai-nilai peserta didik. Dari gaya, metode, model dan pendekatan pembelajaran yang diberikan mereka, menjadi sangat berguna bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensinya sehingga mereka mendapatkan nilai yang sesuai dengan kemampuan. Penilaian yang dilakukan oleh guru-guru adalah murni dan tanpa rekayasa. Mereka memberikan penilaian  otentik yang sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik
Pada bulan Januari dan Februari dimulailah seleksi nasional berdasarkan prestasi. 

Mulai dari semester 3 Guru BK melakukan pemeringkatan sementara. Hal ini bertujuan agar peserta didik mulai memperhatikan persaingan nilai dengan temannya. Mereka mengecek kebenaran data dari BK dan nilai raport yang mereka miliki. Berdasarkan data yang masuk dari 124 peserta didik di kelas XII, yang lolos SNBP adalah 82 orang. Sekitar 66,13 % peserta didik yang lolos. Sungguh suatu prestasi yang membanggakan. Dilihat dari list peserta didik yang lolos se Malang Raya, alhamdulillah SMAN 4 Malang menduduki peringkat ke 1. Di kegembiraan peserta didik yang lolos SNBP, ada juga peserta didik yang mengukir prestasi yang memuaskan. 

Dia adalah Deo Santoso yang lolos mendapatkan beasiswa Quarter Tuition  di Universitas Hongkong, Shenzen dengan Prodi School of Science and Engineering. Jadi, peserta didik SMAN 4 Malang tidak hanya bisa diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia tetapi juga diterima di perguruan tinggi luar negeri. Prestasi yang didapatkan oleh semua peserta didik juga tak lepas dari perhatian dan kerja keras Guru-guru hebat SMAN 4 Malang. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guruku Hebat, SNBP Ku Akurat

Trending Now