Bukan Hanya Fokus Pelayanan Haji Dan Pendidikan, Kemenag Juga ‘Melayani’ Acara Kemasyarakatan

Admin JSN
23 Oktober 2023 | 10.00 WIB Last Updated 2023-10-24T05:03:11Z
Bukan Hanya Fokus Pelayanan Haji Dan Pendidikan, Kemenag Juga ‘Melayani’ Acara Kemasyarakatan

SURABAYA | JATIMSATUMEWS.COM: Dikenal dengan Motto Ikhlas Beramal, Kementerian Agama pun dituntut untuk mengaplikasikannya setiap waktu. Hal inilah yang nampak dalam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur pimpinan Dr. H. Husnul Maram. Diantara bentuk nyata kerja ikhlas beramal, ditunjukkan dalam pelayanan haji dan umrah. 

Sebut saja, pelaksanaan Sajadah Wali (sapa jamaah dalam waiting list) dan Manasik Haji Sepanjang Tahun 2023 yang diselenggarakan Kemenag Jatim melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Selain itu, Kementerian Agama juga menunjukkan fokus pelayanan dalam hal pendidikan, diantaranya dengan menyiapkan kurikulum merdeka bagi madrasah di Jawa Timur. Namun tak hanya itu, Kemenag Jatim pun menunjukkan fokus pelayanan pada acara kemasyarakatan.

Hal ini nampak dalam gelaran jalan santai yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan PBNU untuk memperingati Hari Santri Nasional 2023 yang diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (21/10/2023). Acara yang diikuti lebih dari satu juta peserta jalan santai tersebut, tak lepas dari komitmen pelayanan tulus yang dilakukan Kemenag Jatim. 

Jalan santai yang dilepas langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf tersebut, diikuti langsung oleh Menag Gus Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajarannya, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, para pejabat Eselon I Kemenag, Kakanwil Kemenag Jawa Timur Khusnul Maram, Walikota Surabaya Eri Cahyadi, dan para Forkopimda. 

Jalan santai dengan rute start dan finish depan Grahadi tersebut, bukan hanya diikuti masyarakat umum, tapi juga ‘pasukan Kemenag Jatim’. Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram (21/10) menyampaikan bahwa jumlah peserta Jalan Santai di rangkaian acara Hari Santri Nasional diikuti jajaran Kemenag Kabupaten Kota, para santri, dan para penyuluh agama, selain masyarakat umum. 

"Kami dari Kemenag Jatim telah menginstruksikan hadirnya para peserta jalan santai yang berasal dari Kemenag Kabupaten Kota, para penyuluh, pemilik KBIH, serta pondok pesantren yang menjadi mitra Kemenag selama ini. Puluhan bus kami datangkan, dengan estimasi, dari Kemenag saja, sudah ratusan ribu. Maka sangat bisa dipastikan peserta di atas 1 juta orang,sesuai jumlah kupon yang dicetak, yaitu lebih satu juta,” jelasnya.

Bukan hanya mendatangkan ‘pasukan’, Kemenag Jatim pun turut berpartisipasi aktif dalam hadiah yang diundi dalam jalan santai tersebut, diantaranya paket umrah yang diberikan oleh Kemenag Jatim dan para stakeholder, yaitu pemilik KBIH.

Menyemarakkan acara, Kemenag Jatim pun turut mengundi kupon undian. Diantaranya yang tampak dalam foto, yaitu KH. Husnul Maram, Kadispora Jatim Ali Kuncoro, Kabid PHU Dr. Abd. Haris, Ketua DPW FK KBIHU Jatim KH Habib Abu Bakar Assegaf, Sekretaris MUI Jatim ning Lia Istifhama, dan sebagainya.

“Saya sebagai bagian dari masyarakat, sangat bersyukur hadirnya Kemenag Jatimyang masif memberikan pelayanan kepada masyarakat. Contoh saat jalan santai, Kemenag sangat kompak menghadirkan rombongan besar dari setiap kabupaten kota untuk turut menyemarakkan hari santri. Lebih semarak lagi, karena Kemenag juga berpartisipasi dalam doorprize,” terang ning Lia, yang juga pengurus Fatayat NU Jatim.

Sebagai bahan informasi, jalan santai tersebut, bertabur ratusan door prize, diantaranya 1 unit mobil, 65 paket umroh, puluhan lemari es, sepada gunung, laptop, dan sebagainya. Ans



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukan Hanya Fokus Pelayanan Haji Dan Pendidikan, Kemenag Juga ‘Melayani’ Acara Kemasyarakatan

Trending Now