Berkat Inovasi Alat Sterilisasi Jamur dengan Radiasi Sinar UV C, UMKM Uwak Jamur Raih Peningkatan Signifikan

Admin JSN
10 Oktober 2023 | 07.09 WIB Last Updated 2023-10-10T00:09:59Z
Berkat Inovasi Alat Sterilisasi Jamur dengan Radiasi Sinar UV C, UMKM Uwak Jamur Raih Peningkatan Signifikan.

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: 9 Oktober 2023 - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Uwak Jamur, yang berdiri sejak tahun 2016 di Jalan Lakarsantri No 59 A Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur, kini meraih peningkatan signifikan dalam omzet usahanya berkat inovasi alat sterilisasi jamur dengan radiasi sinar UV C menggunakan logika fuzzy oleh Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang telah diimplementasikan pada 09 September 2023. Alat ini dapat membantu menurunkan tingkat kebusukan pada jamur tiram, sehingga meningkatkan masa simpan dan kualitas produk yang berdampak pada kenaikan omzet Uwak Jamur di bulan September 2023. 

Mochamad Helmi Zukhruf bersama dengan anggota timnya, yaitu Muhammad Thomi Bastiyan, Christian Vieri Halim, Firdha Chaylia Ayu Rachmandika, dan Riski Mulyaning Utami telah berhasil mengembangkan strategi baru untuk meningkatkan kualitas jamur tiram yang dihasilkan.

Dengan dukungan dari dosen pendamping, Dr.rer.nat. Ir. Aulia Muhammad Taufiq Nasution, M.Sc., mereka mengadopsi alat sterilisasi terbaru yang diberi nama “Jamlogyc”.

Penerapan Jamlogyc dalam proses produksi jamur tiram ternyata memberikan dampak positif yang signifikan. Alat ini membantu menghambat pertumbuhan mikroba khususnya Pseudomonas fluorescence yang menakibatkan jamur busuk (berwarna kuning, berlendir, dan layu). Jamlogyc secara keseluruhan juga meningkatkan kebersihan produk dan jamur tiram segar UMKM Uwak Jamur telah memenuhi SNI 7338:2009 (cemaran mikroba pangan < 1 × 105 koloni/gram). 

Hana Marlina, pemilik UMKM Uwak Jamur, menyatakan rasa terima kasihnya atas kontribusi alat sterilisasi Jamlogyc. “Alat ini dapat meningkatkan kualitas masa simpan jamur, untuk peningkatan omzet sekarang Uwak Jamur telah mengalami peningkatan dan konsumen banyak berkomentar karena masa simpan jamurnya lebih baik dari kemarin,” ungkap Hana Marlina dengan senyum.

Saat ini, UMKM Uwak Jamur telah berhasil mencapai pasar yang lebih luas dan mendapatkan apresiasi positif dari pelanggan. Dengan meningkatnya kualitas produk, Uwak Jamur semakin menjadi pilihan utama konsumen di Surabaya dan sekitarnya.

Inovasi ini juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan industri UMKM di Jawa Timur. Hal ini menunjukkan bahwa investasi dalam teknologi dan inovasi dapat memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah. Pihak UMKM Uwak Jamur berharap bahwa keberhasilan mereka dapat menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya untuk terus berinovasi dan berkembang
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berkat Inovasi Alat Sterilisasi Jamur dengan Radiasi Sinar UV C, UMKM Uwak Jamur Raih Peningkatan Signifikan

Trending Now