Pemeriksaan dan Edukasi Kesehatan Gratis Bagi Warga Kedungrejo Oleh Dosen UM

Eko Rudianto
12 Juni 2023 | 20.33 WIB Last Updated 2023-06-12T18:01:11Z

 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Dosen PLS Universitas Negeri Malang kembali selenggarakan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kali ini berupa edukasi dan pendampingan dalam menjaga kesehatan reproduksi yang diadakan di Perum Puri Bunga Nirwana D-3 Kedungrejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.

Dibuka langsung oleh Dosen PLS Universitas Negeri Malang Umu Da’watul Choiro, M.Pd. serta dihadiri oleh Kepala Yayasan Pendidikan dan Sosial Lazuardi Ibu Qurotul 'Ainiyah dan juga 46 peserta lainnya dari masyarakat Desa Kedungrejo dan Guru Yayasan Pendidikan dan Sosial Lazuardi.

Umu mengatakan kegiatan ini bekerjasama antara dirinya dan dr. Cindy yang keduanya merupakan dosen PLS dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang yang dikemas dalam pengabdian masyarakat. 

"Bakti sosial ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen PLS Universitas Negeri Malang yang bekerja sama dengan Dokter Sendhi Tristanti  yang merupakan dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang ". Tutur Bu Umu.

Acara yang diselenggarakan di Perum Puri Bunga Nirwana D-3 Kedungrejo Kecamatan Pakis pada pukul 08.40 hingga 12.40 WIB tersebut terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa pemberian edukasi dan pendampingan oleh dosen PLS Universitas Negeri Malang berupa pengenalan gejala dan faktor-faktor penyebab kanker serviks dan kanker payudara. Pada sesi kedua terdapat cek kesehatan berupa gula darah dan kolesterol secara gratis.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian para ibu terhadap pentingnya menjaga kesehatan reproduksi diri dengan tidak takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan banyak mencari informasi tentang pencegahan berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi.

"Harapan dari pelaksanan kesehatan ini masyarakat bisa lebih cepat mengetahui jika ditemukan gejala dalam kesehatan nya. Masyarakat menjadi lebih peduli dengan kesehatan masing-masing dengan menjaga pola hidup sehat dan mengontrol makanan yang dikonsumsi." Pungkas Bu Umu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemeriksaan dan Edukasi Kesehatan Gratis Bagi Warga Kedungrejo Oleh Dosen UM

Trending Now