Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi Sebut Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila Momentum Tepat Gemakan Cinta Ideologi Bangsa

Admin JSN
14 Oktober 2022 | 07.57 WIB Last Updated 2022-10-14T03:02:16Z
Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi ceria diantara peserta 
NGANJUK I JATIMSATUNEWS.COM: Mencatatkan sejarah di dunia pendidikan Indonesia, Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila mendapatkan sambutan luar biasa. Bukan saja dari antusiasme peserta akan tetapi juga dari instansi terkait. Forkopimda. Legislatif hadir termasuk Komnasdik, Komisi Nasional Pendidikan Jatim dengan ketuanya Kunjung Wahyudi.

Ikut hadir berbaur, selain sebagai mengamati peserta sebagai  juri lomba, Kunjung Wahyudi terlihat sangat bahagia, tak henti menebar senyum, juga menyempatkan foto-foto bersama perserta.

"Momentum Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila ini sudah tepat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap ideologi bangsa ini yaitu Pancasila. Sebab saat ini Pemerintah melalui Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek mewajibkan semua Sekolah memasukkan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila ke dalam Kurikulumnya," ucapnya di sela mengamati acara.

Sebuah kegiatan yang menurutnya inspiratif, bisa ditiru daerah lain untuk ikut melaksanakan. 

"Harapan saya kegiatan ini bisa ditindaklanjuti oleh Kabupaten-Kota se Jawa Timur bahkan se Indonesia. Agar Generasi Muda Penerus Bangsa tidak lupa akan Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia dan Pandangan Hidup Bangsa," lanjutnya.

Pelaksanaan Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila jenjang SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Nganjuk  berjalan melalui beberapa Tahapan. Mulai Sosialisasi, Penilaian Portofolio serta verifikasi Faktual kepada 10 besar terbaik.

 Rabu 12/10/2022 memasuki Tahap Final untuk menobatkan sebagai juara lomba pertama kalinya di Indonesia ini. Forkopimda 

Sebanyak 4 Sekolah mendapat penilaian dari hasil visitasi lapangan yang dilakukakn oleh Tim Vsisitasi dari Kesbangpol Kab Nganjuk, Cabang Dinas Pendidikan, Komnasdik Nganjuk serta Jejaring Panca Mandala (JPM) Anjuk Ladang. Hasil penilaian peserta yang masuk 4 besar berhak melaju ke babak Grand Final yang akan memperebutkan juara sebagai Sekolah Bermartabat Pancasila. Keempat sekolah tersebut terdiri dari SMK Kosgoro, SMAN 3 Nganjuk, SMAN 2 Nganjuk, dan SMAN 1 Tanjung Anom .

Pelaksanaan Final dilaksanakan di aula SMAN 2 Nganjuk. Dihadiri Legislatif Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk diantaranya Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kajari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth, Perwakilan Kapolres Nganjuk dan Perwakilan Kodim Nganjuk.


Keterangan Foto : 
Dari kiri (Dr. Rita KS SMAN 2 Nganjuk, Istri Bupati, Dr. Marhaen Dj Bupati Nganjuk, Ketua DPRD, Kajari, Kacabdin dan Ketua Komnas Pendidikan Jatim)
Terlihat pula Kepala Kesbangpol Nganjuk Imam Ashari, kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Edy Sukarno, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi, Ketua MKKS SMA, Ketua MKKS SMP selain Komnasdik Provinsi Jawa Timur  didampingi tim jajarannya di kabupaten Nganjuk.

Ketua Pelaksana Sudjito menjelaskan dalam sesi penyampaian laporan bahwasa lomba Sekolah Bermartabat Pancasila Kabupaten Nganjuk ini merupakan yang pertama kali digelar dalam jenjang pendidikan tingkat SMA/SMK/MA di Indonesia.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Badan Kesbangpol Nganjuk bersama Komnasdik dan Jejaring Panca Mandala untuk menggaungkan dan membumikan kembali nilai-nilai Pancasila dilingkungan dunia Pendidikan yang mengalami lack of ideology selama 5 tahun terakhir terutama dikalangan pelajar," jelas Sujito.

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi Sebut Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila Momentum Tepat Gemakan Cinta Ideologi Bangsa

Trending Now