Bawa Sasirangan dan Batu Khas, Kades dan Rombongan Desa Tambak Baru Martapura ke Desa Ngroto Pujon-Malang

Admin JSN
10 Oktober 2022 | 22.12 WIB Last Updated 2022-10-11T00:35:32Z
Arah Jarum Jam, Rombongan Kades Tambak Baru Martapura ke Desa Ngroto Pujon-Malang, Batik Sasirangan, Jalan Tani Tambak Baru Martapura, Pesat Garden desa Ngroto
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Acara Peningkatan Kapasitas Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD Pemerintahan Desa Tambak Baru Kecamatan Martapura Kabupaten Malang berlangsung istimewa, Senin 10/10/2022.

Dikemas dalam nuansa study banding, dipandu MC perangkat desa Syanti kegiatan berlangsung penuh akrab, saling berbagi keadaan desa masing-masing. Ngroto sebagai desa dengan IDM pernah terbaik nasional dengan potensi wisata tematik Pesat Garden serta Tambak Baru, Desa yang mempunyai calon destinasi wisata Jalan Tani.

Tentang kunjungan ke Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Kades Tambak Baru menyatakan adalah untuk mengenal dan belajar bagaimana menggali potensi desa sehingga menjadi produk unggulan.

"Kami akan mengevaluasi dan membentuk tim terkait desa wisata. Ada jalan tani terpanjang di Martapura. Mungkin kami bisa mencontoh desa Ngroto yang memiliki Pesat Garden. Desa kami memiliki beberapa hektar yang dipenuhi persawahan. Insya Allah setelah pulang dari sini Kaur perencanaan bisa menyusun agenda langkah," Kades Tambak Baru Ajam saat bincang sharing di kantor desa Ngroto.

Menanggapi kunjungan, Kades Ngroto Prayogi menyampaikan apresiasi karena bersedia datang. Untuk keadaan desa sendiri Kades Ngroto menyampaikan gambaran yang mungkin bisa diterapkan di Desa Tambak Baru.

"Perencanaanya saya rasa sudah sangat luar biasa, akan tetapi butuh tim. Tentukan tematik desa apa. Misal desa Agrowisata, Taman Pertanian atau Wisata Taman Sayur. Contoh,embung atau mata air untuk wisata bisa dilebarkan sehingga menarik. Desa harus  punya iconik. Contoh Agro Wisata Budaya Ngroto. Ada Jogging track, Gazebo dan Budaya. Kami punya festival, setiap Selasa Kliwon semua seni budaya main bisa main di sana juga umkm bisa jualan pula," papar Kades Ngroto.

Selanjutnya sepotong batik khas daerah Martapura berjuluk Sasirangan juga batu marmer diberikan Kades Tambak Baru sebagai cendera mata. Menukarnya dari Desa Ngroto juga memberikan vandel.

"Ini adalah produk khas desa kami, kain batik sasirangan dan batu marmer," jelas Kades Tambak Baru.

Berlangsung hingga jelang adzan Duhur, acara diakhiri ramah tamah dan foto bersama.


Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawa Sasirangan dan Batu Khas, Kades dan Rombongan Desa Tambak Baru Martapura ke Desa Ngroto Pujon-Malang

Trending Now