Market Day, Cara MAN I Bojonegoro Sambut IKM dan Cetak Mental Pengusaha

Admin JSN
26 September 2022 | 17.05 WIB Last Updated 2022-09-26T11:23:54Z
Market Day, Cara MAN I Bojonegoro Sambut IKM dan Cetak Mental Pengusaha
BOJONEGORO I JATIMSATUNEWS.COM: Akhir pekan tanpa seragam formal, ini yang berlaku tiap hari Sabtu di MAN I Bojonegoro. Para siswa terlihat tidak mengenakan seragam harian akan tetapi mengenakan baju olah raga.

Beberapa di antaranya menghadap meja dengan aneka makanan dan minuman. Menjadi penjual dengan pembelinya adalah siswa juga guru-guru MAN I Bojonegoro Sendiri.

Tentang hal tersebut Kepala Sekolah setempat, Saifuddin membenarkan adanya kegiatan jual beli di sekolahnya.

"Ini adalah wujud dari Merdeka Belajar. Pada 1 hari pekan terakhir tiap bulannya kita bebaskan sekolah dari seragam karena ada kegiatan MANSARO, Man 1 Bojonegoro yaitu Market Day," cetus Kepala Madrasah Berkacamata tersebut.

Menjadi kegiatan yang dinantikan siswa kegiatan tersebut juga menjadi cara khusus MAN I Bojonegoro untuk mencetak siswa berkarakter pengusaha.

"IKM memberi kita keleluasaan melaksanakan pembelajaran praktis, artinya bukan hanya konsep dan teori akan tetapi juga bisa dipraktekkan siswa, ini yang memberi ruang mampu menumbuhkan mental karakter pengusaha itu. Disamping juga kegiatan terintegrasi menjadi tugas beberapa mata pelajaran," jelas Kepala Madrasah yang rumahnya di Tuban itu.

Lebih lanjut tentang mata pelajaran yang akan menjadi penilai dari kegiatan tersebut Saifuddin ada 4 yang terlibat yakni Fiqih, Ekonomi, TIK dan Bahasa Indonesia.

"Setelah kegiatan mereka buat laporan untuk pelajaran Fiqih, Ekonomi tentang keuangannya, TIK berhubungan dengan Pembuatan video pendek dan Bahasa Indonesia untuk Kumpulan brosur, flayer, dan promo lainnya yang dibuat sebelum kegiatan," papar Kepala Mansaro kepada Jatim Satu News.

Soal keuangan Kepala Madrasah menyebut semua dikerjakan kelas.

"Dana dari siswa kelas masing-masing.
Keuntungannya ya untuk kelas itu sendiri," jelasnya.
Dilaksanakan oleh kelas-kelas secara bergilir yang ditentukan oleh panitia, setiap pelaksanaan ada 3 kelas yang mengikuti.

" Sabtu kemarin ada 3 kelas yaitu kelas XII Agama, XII PDCI, dan XII US 3," jelas Kepala Madrasah Negeri 1 Bojonegoro pada Jatim Satu News Senin 26/9/2022.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Market Day, Cara MAN I Bojonegoro Sambut IKM dan Cetak Mental Pengusaha

Trending Now