Baru Diinisiasi, Festival Bahasa 5 Hari di Bayt Al Hikmah Pasuruan

Admin JSN
17 Agustus 2022 | 05.10 WIB Last Updated 2022-08-16T22:10:02Z
Penari Saman buka Festival  Bahasa 5 Hari di Bayt Al Hikmah. Sumber gambar: Uzlah
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Menyongsong hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke 77, Bayt Al-Hikmah mengagendakan festival bahasa dalam kurun waktu lima hari berturut-turut. Terhitung pertanggal 13 hingga 17 Agustus 2022.

Sesuai dengan target yang menjadi rencana pencapaian pesantren, language festival yang dimaksud adalah lomba untuk meningkatkan keterampilan santri dalam berbahasa Inggris - Arab. Mulai dari speech, news anchor, story' telling, English debate, ghina',  Arabic olimpics, dan khitobah. Semua lomba tersebut diperuntukkan bagi semua tingkat sekolah formal ponpes Bayt Al-Hikmah, kecuali English debate khusus untuk santri tingkat vocational - senior high school.

Mengingat festival ini bersifat baru diinisiasi, sebagai panitia, BLC Bayt Al-Hikmah pastinya membutuhkan kematangan planning jauh-jauh hari. Tidak sedikit rapat intern dilakukan demi suksesnya acara.

Technical meeting diagendakan pada tanggal 2 Agustus 2022. Sedangkan registrasi dijadwalkan pada tanggal 29 Juli hingga 4 Agustus 2022. Neng Wardah Nafisah, S.kep, MBA, selaku kepala Bayhi Language Center, juga turut memberi sambutan dan motivasi pada para peserta meski berhalangan hadir sehingga panitia memutarkan rekaman berupa video pada sela acara opening ceremony.

Tepat pada awal hari ditetapkannya festival bahasa, acara dimulai tepat pada pukul 08.00. Setelah pembacaan Ummul Qur'an, seluruh peserta diajak menyanyikan lagu Indonesia raya.

"Yang unik dari festival ini adalah bahwa lomba kebahasaan yang niat awal diadakan untuk menyongsong HUT RI ini ternyata tidak meninggalkan kesan kepesantrenan. Mereka menampilkan sholawat ISHARI pada pra acara," cetus salah satu panitia konsumsi dari festival bahasa, Ustadzah Maghfiroh, S.Pd.

Secara serentak semua lomba dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022 pukul 10.00 di masing-masing ruangan yang telah disediakan. Sedang babak final round akan dilangsungkan secara terpisah antara peserta putra dan putri. Pada Language festival juga digelar bazar di halaman gedung SMP dan SMA. Berlangsung mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Agustus 2022. Bukan sekedar bazar biasa, baik peserta maupun pengunjung bazar diminta aktif berbahasa Inggris - Arab ketika bertransaksi di Medan bazar.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Baru Diinisiasi, Festival Bahasa 5 Hari di Bayt Al Hikmah Pasuruan

Trending Now