Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Tausiyah Haflah Imtihan dan Halal bihalal Madrasah Hidayatul Mubtadi'in Desa Apa'an

Admin JSN
12 Mei 2022 | 06.02 WIB Last Updated 2022-05-11T23:02:22Z

SAMPANG I JATIMSATUNEWS.COM: Madrasah adalah lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pelajaran-pelajaran berbasis agama Islam, seperti nahwu, sorrof, fiqih, dan lain-lain.

Haflatul Imtihan merupakan salah satu tradisi dari para sesepuh alim ulama dan para pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang sampai saat ini tetap membudaya dilingkungan pondok pesantren. Adanya majelis ilmu dan silaturahim di dalamnya patut disyukuri oleh para wali santri dan dewan guru pada lingkungan pesantren.

Hal ini juga yang dilaksanakan oleh Madrasah Hidayatul Mubtadi'in yang besutan KH. Hamdan Al-Farizi tepatnya di Dusun Combih, Desa Apaan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, yang memperingati Haflah Imtihan dan Khotmil Qur'an, yang juga di kemas dengan halal bihalal, Rabu (11/5/2022).

Tampak hadir dalam Haflah Imtihan kali ini Para Ulama, Kyai, Sesepuh dan tokoh masyarakat, taklupa pula hadir di tengah acar tersebut Kapolsek Pangarengan, Ipda Sujiono, Kades Desa Apaan, Hj. Fuadeh beserta parangkat, serta ratusan undangan dari masyarakat sekitar dan wali santri tampak hidmat mengikuti acara sejak pukul 20.00 Wib. hingga selesai.

Acara disusun sebagai mana berikut 
Pertama, Pembukaan yaitu Ummul Qur'an, yang di pimpin oleh KH. A. Rifa'i Aziz. Kedua,  Pembacaan Surat suci Al-Qur'an, yang di bawakan Ustadz Khoirul Anwar, Ketiga, Sarofal Anam, di bawakan oleh Al-Banjari dengan di lanjut acara keempat, istirohah dengan di iringi sholawat dari majlis shawat Aswatul Fatah dari Pamekasan.


Merupakan rangkaian acara yg kelima sambutan dari Shohibul hajat yang di sampaikan oleh Kapolsek Pangarengan, Ipda Sujiono, pihak menyampaikan selamat datang kepada para Ulama tamu undangan yang sudah berkesempatan hadir pada acara tersebut, terlebih kepada Al-Mukarram KH. Abdul Mu'id yang dari Pamekasan Madura.
" Kami mewakili Forkompincam Pangarengan sangat berterima kasih pada panitia sudah di undang dan di beri ruang untuk menyambut kegiatan yang Insyaallah penuh dengan barokah ini," ujar Kapolsek

Lebih lanjut ia berpesan kepada warga yang hadir untuk saling menjaga Kamtibmas yang berada di wilayahnya

" Kami himbau untuk saling menjaga Kamtibmas guna kondusifitas utamanya ketentraman, keamanan, bagi masyarakat, kedua kami harapkan pada ibu sekalian untuk saling menjaga anak-anak kami agar tidak terjerumus ke prihal yang terlarang akibat pergaulan bebas," pesannya

Menginjak ke acara selanjutnya, merupakan acara puncak sekaligus acara inti dari pokok isi terselenggaranya kegiatan haflah Imtihan tersebut ialah Tausiyah dari K.H. Abdul Mu'id Husin, beliau merupakan Pengasuh pondok Pesantren Darul Ahlak Pamekasan.

Berbagai hal di sampaikan oleh Al-Mukarram di antara isi tausiyahnya beliau menyampaikan pentingnya silaturahmi karena merupakan hal yang di anjurkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Apalagi berkumpul di saat seperti ini terlebih di niatkan untuk mengaji niat mendengarkan tausiyah dari para mubaligh dan semoga mendapat barokah dari para guru dan ustadz.


Beliau juga menyampaikan dalam Tausiyahnya untuk mendidik putra-putrinya di ponpes dan madrasah ini sebagai wujud komitmen dalam membentuk karakter santri yang berilmu, bertakwa dan berpengetahuan demi mengisi pembangunan dimasa depan lebih baik.
Acara selesai di tutup dengan Doa. 
(Fach)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tausiyah Haflah Imtihan dan Halal bihalal Madrasah Hidayatul Mubtadi'in Desa Apa'an

Trending Now