Keseruan Upgrading HMJ Fisika UM 2022 | Mulai Menjadi Kodiv Hingga Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang

Eko Rudianto
28 Maret 2022 | 20.16 WIB Last Updated 2022-04-08T02:46:37Z

Suasana Pelatihan/ Upgrading

ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Sudah menjadi hal yang mutlak bahwasanya organsasi yang baru melakukan regenerasi diadakan sebuah diklat, guna meningkatkan kapasitas dan kekeluargaan organisasi. Begitupun Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika (HMJ) Universitas Negeri Malang ini. Dengan kepemimpinan dibawah nahkoda Putri Cahya Wulandari, HMJ Fisika UM Melakukan penyegaran yang diberinama Upgrading dengan tema “Optimalisasi Kinerja Kepengurusan dengan Meningkatkan Solidaritas, Kekluargaan dan Semangat Berorganisasi”.
Pengurus HMJ Fisika 2022/2023


Dalam sambutannya,ketua pelaksana saudari Isna Fatimatuzzahroh, menyampaikan sebagai pengurus HMJ Fisika Nucleon 2022 harus terus meningkatkan semangat belajar dan berorganisasi yang tinggi, agar kedepannya HMJ Fisika Nucleon terus berkembang dan menorehkan banyak prestasi. 
“Pengurus HMJ Fisika Nucleon semestinya memiliki jiwa Berani, Aktif, Kreatif dan terstruktur agar nantinya sebagai pengurus HMJ memiliki soft skill dan hard skill dengan kemampuan yang sangat membanggakan ,” ungkap Isna

Suasana 

Dengan mengusung tema diatas, kepengurusan tahun ini diharapkan mampu bersaing dengan keadaan yang ada, apalagi Universitas Negeri Malang sekarang telah menjadi status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang mana regulasinya berbeda utamanya dalam Laporan dan Pertanggungjawaban.

Suasana

Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari pada sabtu-minggu, 26-27 Maret 2022 di Villa Kusuma Pinus Kav. M87 berjalan dengan lancar dan seru, pasalnya pada materi Problem Solving dan Analisis Sosial kegiatan dikonsep agar forumnya hidup dan berbasis fenomena nyata yang terjadi pada tahun lalu, untuk dapat dianalisis sebagai project nyata dalam pelatihan problem solving dan analisis sosial.

Prosesi Pengukuhan

Kegiatan ini juga memberikan banyak pengetahuan utamanya materi seputar organisasi dengan pemateri dari Demisioner HMJ Fisika Nucleon sendiri. Dimulai dengan materi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi oleh Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2022. Dilanjutkan dengan materi Analisis Sosial dan Problem Solving, Materi ketiga Ihamafi Formasi oleh Nadhif Alfin Charizma, Materi keempat Administrasi Kesekretariatan oleh Nur Aeni Mujiati,  materi kelima teknik persidangan oleh Achmad Nuril Ichsanul Muttakhi, dan materi Administrasi Keuangan oleh Jauhar Rosanah dan saskia Mutiara Putri. Keenam materi tersebut sangat penting disampaikan bagi seluruh pengurus HMJ agar kedepannya mereka memahami hal-hal seputar HMJ. 

Grand Design HMJ Fisika Nucleon UM 2022/2023
 

Pada materi ini diawali dengan asesmen yang dilakukan tanya jawab ringan, asesmen ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dari kepengurusan HMJ tahun ini dan sebagai pedoman dalam pemberian materi, karena dengan begitu pelatihan bisa menggunakan metode yang telah ditetapkan sebelumnya. Forum dikonsep sesantai mungkin sehingga peserta pelatihan dapat menyimak tidak hanya merangkum, hal ini bisa dilakukan seperti melarang peserta untuk mencatat, menganjurkan peserta untuk mendapatkan fasilitas cofe break selama pelatihan, namun peserta tidak boleh memalingkan forum, sekalipu itu melihat jam pada gawai.

Sharing With Purna Pengurus/ Demisioner


Setelah kontrak forum dilakukan, saat penyampaian materi. Metode saat ini, peserta pelatihan suatu permasalahan yang telah ditentukan, kemudian peserta diajak untuk mendemonstrasikan deri permasalahan yang ada, hal ini bertujuan untuk menggambarkan peristiwa problem secara riil yang akan diselesaikan. Pada forum inisebenarnya juga sebagai pedoman untuk melihat potensi kader yang ada pada kepengurusan saat ini, hal ini dilihat dari keberanian dalam mengambil peran, hingga kejelian dalam berbicara dan kelihaian dalam memerankan.

Sharing With Purna Pengurus/ Demisioner

Setelah demonstrasi usai sehingga memperoleh sedikit gambaran permasalahan yang telah ada dan akan diselesaikan. Maka, peserta pelatihan mulai melakukan langkah penyelesaian yang dimulai dengan menganalisis tokoh dan memproyeksikan kepada sebuah diagram yang telah  disediakan dalam materi. Berlangsung sekitar 10 menit acara ploting lawan-kawan. Selanjutnya, peserta melakukan analisis terhada tokoh untuk diadakan tindak lanjut penyelesaian, tokoh yang bermasalah akan diberikan perlakukan khusus untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, sesuai dengan teori dari materi Problem Solving dan Analisis Sosial.

Sharing With Purna Pengurus/ Demisioner

Sebagian besar, menurut asesmen secara langsung berupa pertanyaan, sebanyak sekitar 86 % peserta memahami materi hingga 80% mulai dari awal permasalahan, konsep tindakan penyelesaian masalah, hingga konsep materi yang telah dipaparkan. Hal ini menunjukkan metode materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik, hanya saja terdapat beberapa variabel yang membuat hambatan ilmu sampai keada peserta pelatihan terhambat, misalnya waktu, peralatan yang kurang siap, sampai komposisi audiens yang kurang adanya pengantar, namun secara garis besar kegiatan sangat baik berjalan dengan lancar.

Prosesi Pengukuhan Bersama Dr. Cahyo Aji Hapsoro, M.S


Kegiatan Upgrading ini dihadiri oleh Dr. Cahyo Aji Hapsoro, M.Si selaku dosen pendamping HMJ Fisika Nucleon 2022, para pengurus HMJ Fisika Nucleon 2022 dan Demisioner HMJ Fisika Nucleon yang menghadiri dan juga sharing - sharing bersama seluruh pengurus. Tak hanya pemberian materi, di hari kedua kegiatan yang dilakukan mulai dari senam sampai dengan games ' games yang menyenangkan. Games ini dilakukan agar dari seluruh pengurus utamanya organizing commite memiliki jiwa kerjasama dan kekeluargaan yang tinggi. Sehingga kedepannya mereka akan terus bersama dan saling membantu satu sama lain. 

Sharing With Purna Pengurus/ Demisioner

Pada sesi terakhir, dilanjutkan sesi diskusi dan sharing bersama pengurus yang telah purna/ demisioner agar kepengurusan tetap sambung untuk bisa tetap saling membersamai. Semoga HMJ yang di nahkodai oleh Putri Cahya Wulandari sebagai Ketua Umum HMJ Fisika Nucleon 2022/2023 ini bisa membawa peningkatan dan kebermanfaatan.

Sharing With Purna Pengurus/ Demisioner

Pada akhir acara terdapat pengukuhan yang dipimpin oleh dosen pendamping HMJ Fisika Nucleon 2022 yaitu Dr. Cahyo Aji Hapsoro, M. Si untuk melakukan sumpah kepengurusan bagi seluruh pengurus HMJ Fisika Nucleon 2022. 
Sesi Refreshing


Harapannya, semua pelaku organisasi atau aktivis HMJ Fisika Nucleon mendapatkan feedback yang sangat baik bagi diri mereka sendiri, semoga upgrading HMJ Fisika Nucleon 2022 dapat menambah awalan, menambah semangat dan komitmen yang baik bagi seluruh pengurus HMJ Fisika Nucleon 2022 selama satu tahun kepengurusan kedepan. 

Para pengurus yang terlibat aktif dalam diskusi peran :
1. Aksamala Arfendi
2. Sarina Oksiana
3. Winnanda Br Bangun
4. Anugerah Agung dwi Putra
5. Risky Virga Pramudya
6. Afifah Rahma Hani
7. Daeng Nur Cahyo
8. Darma Alif Rakha
9. Saeful Umam
10. Faradhiba Annafisah


Salam saintis muda!

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keseruan Upgrading HMJ Fisika UM 2022 | Mulai Menjadi Kodiv Hingga Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang

Trending Now