3 Wacana Ceruk Uang KIM Ngempit

Admin JSN
15 Januari 2022 | 23.37 WIB Last Updated 2022-01-15T23:00:15Z
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Launching Podcast dibintangi Muhammad Zaini, Sekretaris Komisi 3 DPRD Kab Pasuruan akan menjadi langkah awal KIM, desa Ngempit mendulang rupiah dari dunia informasi.

Ini yang terlihat dari acara pelatihan menulis, Memaksimalkan KIM Sebagai Sarana Branding Masyarakat. Berlangsung di Kebun Buah Nusantara Surya Harapan desa Ngempit kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Sabtu 15/1/2021.

Menghadirkan nara sumber Anis Hidayatie, Pemimpin Redaksi Jatim Satu News pembina KIM, Kelompok Informasi Masyarakat nyatakan siap terjun kembali mengaktifkan KIM juara 2 tingkat Jatim ini. 

"Akan kami atur nanti keredaksionalan untuk merambah bidang informasi lewat Youtube, blog, dan pariwara masyarakat Ngempit,"jelas lelaki yang biasa dipanggil Pak Koyo ini di Taman Buah miliknya. 

3 hal yang bisa menjadi ceruk uang KIM memang disampaikan narasumber Anis Hidayatie pada kesempatan itu. Adsense melalui tayangan youtube dan blog, serta iklan dari masyarakat setempat di media online yang dikelola KIM. 

"Dari Youtube anda bisa mendapatkan uang lewat adsense, dari blog demikian pula, serta satu lagi, dari iklan permanen masyarakat Ngempit sendiri. Misal dari produk UMKM diminta nominal 10 ribu saja untuk tayangan selama 3 hari, atau kegiatan lain semisal even dan hajatan warga setempat," tutur Anis. 

Selanjutnya tentang Iklan ini Anis menyebut bagaimana teknis penayangan. 

"Iklan warga Ngempit itu bisa ditayangkan di media online yang dimliki, baik mainstream maupun medsos seperti IG atau FB, siapkan saja tenaga designer agar flyer atau banner  iklan bisa menarik pembaca,"lanjut Anis. 

Sharing tanya jawab mengemukakan beberapa kendala yang menghambat perkembangan KIM, diantaranya pandemi yang melumpuhkan kegiatan sementara masyarakat Ngempit.

Terhadap hal ini Muhammad Zaini mengatakan bahwa bukan hanya KIM yang pergerakannya terhambat, hampir seluruh lini kehidupan.

"Bahkan hajatan orang menikah bisa batal gegara aturan saat pandemi,"cetus Muhammad Zaini.

"Untuk itu yang penting dijaga semangat, saya akan support pertumbuhan KIM dan kebun aneka buah ini melalui kewenangan sebagai anggota dewan. Hal-hal lain yang diperlukan silakan hubungi saya sebagai salah satu referensi serap aspirasi masyarakat,"papar lelaki peraih Cak 2008 Kab Pasuruan itu. 

Acara diakhiri dengan kunjungan ke kebun buah yang berisi koleksi lengkap aneka tanaman jambu dan buah lain Muhammad Zaini menyampaikan kesan suka atas keberadaan kebun ini. 

"Ini potensial untuk menjadi wisata edukasi,"tuturnya. 

Foto bersama dan penyerahan bantuan uang tunai dari Muhammad Zaini mengakhiri seluruh sesi sebelum acara resmi berakhir. 

"Alhamdulillah acara ini semoga menjadi titik kebangkitan KIM lagi untuk melangkah ke depan," cetus Rizky, Ketua KIM yang dalam acara tersebut juga menjadi Host. 

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 3 Wacana Ceruk Uang KIM Ngempit

Trending Now